Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh didampingi Ketua TP PKK Banjar Hj. Raudatul Jannah, serta Sekda Banjar H. Nasrunsyah dan  Kepala SKPD lingkup Pemkab Banjar turun langsung dalam memperbaiki dan ikut mengecat jembatan yang ada di Jl. Sekumpul Martapura, Senin, (2/3)


Siaran Pers Humas Pemkab Banjar diterima Selasa, menyebutkan, dalam kesempatan tersebut Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh mengatakan, Peringatan Peduli Sampah Nasional tahun 2015 merupakan pemacu semangat yang sangat strategis bagi pemerintah daerah dalam perwujudan Kabupaten Banjar yang Bersih, indah dan rapi pada tahun 2017 akan datang termasuk mempercantik Jembatan Sekumpul.

Menurutnya Peringatan Peduli Sampah Nasional 2015 ini juga dapat menjadi momentum yang sangat tepat  bagi Pemerintah Kabupaten Banjar bersama masyarakat setempat untuk lebih menggalakkan gerakan 3 Jari, ( Pilah, Kompos dan Daur Ulang) serta membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) dalam pengelolaan sampah, termasuk sampah rumah tangga.

"Untuk itu, mari kita mengubah prilaku untuk mau berperilaku hidup bersih dan sehat, mulai dari diri kita sendiri dan mulai sekarang," tegas H. Khairul Saleh.

Ditambahkannya masyarakat juga harus bersyukur, sebab 2014 Kabupaten Banjar bisa meraih Adipura Kencana. Semua itu berkat partisipasi dan kebersamaan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Tentunya dengan Diraihnya penghargaan tersebut, menjadi cermin dari kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan sebagai bukti komitmen semua pihak dalam mempertahankan Adipura 2012 dan Adipura 2013.

Di moment peringatan hari peduli sampah nasional tersebut, ia juga mengajak semua elemen masyarakat, untuk dapat membiasakan pola hidup sehat, mengelola sampah dengan baik, tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga lingkungan kita, semua itu dalam rangka sustainable Development.

Mari kita bersama, menerapkan pembangunan berkelanjutan sebagai mainframe pembangunan yang mengedepankan lingkungan dan mari kita satukan tekad menuju Kabupaten Banjar Bersih 2017.

Sebelumnya beragam kegiatan dilakukan oleh pemerintah kabupaten Banjar dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2015, diantaranya adalah dengan menggalakkan Jum’at bersih, penataan kembali beberapa sarana umum masyarakat, serta mengecat kembali jembatan dan beberapa fisilitas umum bagi masyarakat yang ada di sekitar Martapura./e

Pewarta: Asmuni

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015