Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kota Banjarmasin mulai membuka lamaran bagi figur luar partai tersebut untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota setempat.



"Kami membuka lamaran hanya bagi figur dari luar partai untuk mencalon jadi Wali Kota Banjarmasin, pada 3 - 15 Maret 2015," ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota setempat Sirajuddin Habibi, Selasa.


Ia menyatakan, semua lapisan masyarakat boleh mendaftarkan diri dan akan diterima partainya untuk diseleksi menjadi calon wali kota (cawali) yang akan diusung pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada Banjarmasin nanti.


"Silakan siapa saja boleh mendaftarkan diri, nanti mekanisme partai yang akan melakukan seleksi," ucapnya didampingi sejumlah petinggi PKS Kota tersebut.


Sebab, kata dia, partainya tidak memberi batasan yang harus terjaring, namun berapapun yang mendaftarkan diri hingga batas yang sudah dijadwalkan.


"Kalau banyak figur yang mendaftar, bagus juga, artinya banyak pilihan," tuturnya.


Ia menegaskan, partainya akan berusaha merebut kursi orang nomor satu di jajaran pemerintah kota (Pemkot) tersebut pada Pilkada "Kota Seribu Sungai" Banjarmasin itu.


"Tidak hanya dua priode lalu yang terus menjadi konsestan calon wakil wali kota," lanjutnya saat jumpa pers di Kantor PKS itu - Jalan Mayjen Sutoyo S Banjarmasin.


"Yang pastinya, kita liat arah koalisi. Sebab partai kita tidak bisa mengusung sendiri tanpa koalisi, karena hanya memiliki empat kursi di DPRD atau kurang 20 persen dari yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU)," terangnya.


Wakil Ketua DPD PKS Banjarmasin Awan Subarkah menambahkan, partainya mensyaratkan utama figur bakal calon wali kota yang mendaftar itu tidak terkait kasus tindak pidana.


"Yang pasti rekam jejak para figur akan diteliti sekali, apakah ada bersangkutan dengan hukum atau kasus pidana, ini merupakan syarat utama partai kita memilih figur yang akan diusung pada Pilkada nanti," beber Anggota DPRD Kota Banjarmasin tersebut.


Ia mengatakan, elektabilitas dan popularitas seorang figur juga menjadi pertimbangan bagi partainya memilih figur yang diusung, sehingga kali ini PKS memang benar-benar memiliki bakal calon (balon) yang bisa diadu.


Dari kader PKS sendiri, ungkapnya, ada enam nama yang sudah dipilih internal partai untuk diadu sebagai balon wali kota dengan figur eksternal partai, yakni Ibnu Sina (Ketua Umum DPW PKS Kalsel), H Haryanto (Mantan Ketua Umum DPD PKS Kota Banjarmasin).


Selain itu, Sirajuddin Habibi (Ketua Umum DPD PKS Kota Banjarmasin), Mushaffa Zakir (Anggota DPRD Kota Banjarmasin), Awan Subarkah (Anggota DPRD Kota Banjarmasin), dan Ahmad Zajuli (Mantan Anggota DPRD Kota Banjarmasin).

  "Meski PKS sudah punya para kader sendiri yang dipilih, tetap tidak mengurangi kompetisi bagi figur luar untuk bersaing dalam seleksi sebagai balon Wali Kota Banjarmasin," ujarnya.   

Pewarta: Sukarli

Editor : Sukarli


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015