Martapura, (Antaranews Kalsel) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Khairul Saleh melantik 3.200 orang pasukan hijau dari berbagai kalangan dan berperan sebagai pihak yang peduli terhadap kebersihan lingkungan.


"Harapan kami, pasukan hijau yang dilantik mampu berperan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan hijau terutama di lingkungannya," ujar bupati di Martapura, Selasa.

Ia mengatakan, ribuan pasukan hijau dari unsur masyarakat, siswa sekolah dan guru berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan hijau.

Dijelaskan, peran itu merupakan tanggung jawab moral bagi seluruh pihak sehingga bisa mewujudkan lingkungan yang memberikan rasa nyaman dan sehat bagi sekitarnya.

"Cukup banyak kegiatan peduli lingkungan yang bisa dilaksanakan dan seluruh pasukan hijau bisa ikut aktif sehingga peran mereka sebagai kader lingkungan terwujud," ucapnya.

Menurut dia, berkaitan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Pemkab Banjar telah melaksanakan berbagai kegiatan berwawasan lingkungan yang melibatkan unsur masyarakat.

Disebutkan, kegiatan itu berupa lomba pemanfaatan sampah dalam bentuk peragaan busana, lomba 3R , gotong royong dalam membersihkan lingkungan dan kegiatan lainnya.

"Kegiatan yang dilaksanakan dan melibatkan berbagai unsur masyarakat bertujuan menggugah semangat dan kesadaran peduli lingkungan melalui pemanfaatan sampah," ungkapnya.

Dikatakan, melalui kegiatan itu diharapkan lingkungan yang bersih dan sehat tercipta baik di kawasan sekolah, permukiman maupun tempat lain seperti perkantoran.

  "Saat ini diperlukan kesadaran yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan dan kami terus berupaya membangun kesadaran masyarakat agar peduli lingkungan," katanya.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015