Penerapan protokol kesehatan pada aktivitas masyarakat di perairan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan masih terbilang rendah, sehingga TNI Angkatan Laut gencar memberikan edukasi dengan pembagian masker bagi nelayan dan anak buah kapal serta  pengguna moda transportasi angkutan sungai.

"Nampaknya disiplin protokol kesehatan oleh masyarakat yang beraktivitas di perairan jauh lebih rendah jika dibanding masyarakat di daratan," ucap Komandan Pos Pengamat (Danposmat) Trisakti jajaran Lanal Banjarmasin Lettu Laut (T) Purwadi.

Diakui dia, operasi penegakan disiplin protokol kesehatan yang kerap dilaksanakan di daratan cukup berhasil membuat masyarakat lebih patuh.

Sebaliknya untuk di perairan yang kurang disasar dalam operasi serupa membuat  masyarakat tidak sedisiplin ketika beraktivitas di daratan.
Danposmat Trisakti jajaran Lanal Banjarmasin Lettu Laut (T) Purwadi membagikan masker ke pengguna angkutan taksi kelotok. (ANTARA/Firman)


Untuk itulah, kata Purwadi, pihaknya lebih menggelorakan protokol kesehatan bagi masyarakat pesisir dan pelaku aktivitas perairan agar penyebaran COVID-19 dapat ditekan.

Dalam kegiatan edukasi terbaru, Purwadi dan anggota mewakili Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko membagikan 250 masker kepada pengguna jasa angkutan kelotok di perairan Sungai Barito di Kelurahan Teluk Dalam, Kota Banjarmasin.
Danposmat Trisakti jajaran Lanal Banjarmasin Lettu Laut (T) Purwadi membagikan masker ke pengguna angkutan taksi kelotok. (ANTARA/Firman)


Purwadi mengatakan pembagian masker tersebut merupakan bentuk kepedulian prajurit Lanal Banjarmasin terhadap para pengguna jasa angkutan kelotok atau perahu kecil bermesin itu di masa pandemi yang rentan terjadi penularan.

"Kami berharap masyarakat dapat memahami akan arti pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi. Selain penggunaan masker, kita juga harus rajin mencuci tangan dan menghindari kerumunan," tandasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021