Jamaah Masjid Muhammadiyah Muhajirin, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, di tengah pandemi COVID-19 tetap memberikan manfaat kepada umat dengan cara menyuplai kebutuhan darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada sesama.

Wakil Ketua Ta'mir Masjid Muhammadiyah Muhajirin, Sutata, Ahad, mengatakan, kegiatan donor darah bagi jamaah adalah rutin dilakukan dalam kegiatan bakti sosial jamaah masjid, terutama di bulan Ramadhan.

"Dalam bakti sosial donor darah ini, jamaah ingin membantu memenuhi sebagian kebutuhan darah PMI Banjarmasin, dan mudah-mudahan apa yang bisa jamaah Masjid Muhammadiyah Muhajirin lakukan ini bisa bermafaat bagi pasien yang membutuhkan, " katanya.

Sekretaris Ta'mir Masjid Muhammadiyah Muhajirin, H Rasydi, menambahkan, baksi sosial jamaah masjid pada Ramadhan 1442 Hijriah berupa donor darah, sunatan massal, pemberian paket kepada kaum dhuafa, yatim piatu, dan warga kurang mampu, dari jamaah dan warga sekitar masjid.

"Sunatan massal akan dilakukan 1 Mei, sedangkan untuk pemberian paket diserahkan menjelang lebaran Idhul Fitri," terangnya.

Koordinator Lapangan Palang Merah Indonesia Indra Surya Gustama, mengucapkan, terimakasih kepada pengurus masjid yang telah memfasilitasi donor darah bagi jamaahnya.

Donor darah kali ini sangat bermanafaat dan membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah bagi pasien di rumah sakit di Banjarmasin.

"Mudah-mudahan ada Masjid "Muhajirin-Muhajirin" yang lain. Masjid Muhammadiyah Muhajirin bisa menjadi contoh bagi masjid lain untuk menggelar donor darah demi membantu kemanusian," harapnya.  

Dikatakan, PMI rata-rata setiap bulan memerlukan darah kisaran 3.000 kantong, dan dalam kondisi pandemi COVID_19 target itu sulit untuk dicapai.

"Rata-rata sehari kita perlu 100 kantong, dan selama pandemi COVID-19 ini produksinya turun, warga yang donor berkurang, apalagi bulan puasa," demikian Indra.

Membantu memenuhi kebutuhan darah, tim PMI Banjarmasin selalu standby atau bersiap-siap di halaman Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin setiap hari.

 

Pewarta: Ih

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021