Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan  menggelar pelayanan KB gratis pada  rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang di Desa Galam, Kecamatan Bajuin,  Jum'at (23/4).

Pelayanan dari DP2KBP3A yang diberikan berupa pemasangan implan gratis dan konseling keluarga berencana (KB). 

Sebanyak 12 orang menjadi target kegiatan tersebut untuk menghindarinya lebih banyak kerumunan di masa pandemi COVID-19. 

Kegiatan itu bermitra dengan bidan desa setempat, penyuluh KB serta para kader KB. 

Kepala Bidang KB dan Keluarga Sejahtera DP2KBP3A Fauzan Riyadi mengatakan,  hadirnya pelayanan KB gratis pada masyarakat Desa Galam untuk memberikan layanan pemasangan alat kontrasepsi gratis dengan tujuan menekan angka kelahiran penduduk.

"Pelayanan ini tentunya sangat bermanfaat, sebagai upaya kehamilan dan kelahiran jadi lebih terencana," ujar Fauzan Riyadi.

Salah seorang ibu rumah tangga penerima layanan pemasangan alat KB gratis Ernawati mengungkapkan, sangat antusias karena sudah sejak lama ingin menggunakan alat kontrasepsi implan berjangka panjang.

"Alhamdulillah bisa mendapat pelayanan gratis ini karena saya memang sudah lama ingin memasang implan  supaya kehamilan bisa lebih terprogram dan persyaratannya sangat mudah cukup dengan KTP saja," ujar Ernawati. 
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021