Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr (HC) H Supian HK SH MH mengharapkan, pemerintah agar mengoptimalkan program pembangunan ekonomi.

Harapan tersebut saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kalsel 2021 di Aula Idham Chalid - Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kalsel secara "online" atau dalam jaringan (Daring) itu, Kamis (22/4).

Anggota DPRD Kalsel dua periode itu memberi contoh program pembangunan ekonomi yang dia maksud seperti yang potensial untuk membantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

"Misalnya program padat karya yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat," ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu.

Dalam Musrenbang dengan tema "Memantapkan Pemulihan Ekonomi dan Sosial Dengan Memperhatikan Lingkungan" itu, Ketua Dewan mengingatkan agar rencana yang nanti dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan harus dengan skala prioritas.

"Arah kebijakan harus terkonsenterasi pada beberapa hal pokok yang bisa benar-benar memulihkan ekonomi masyarakat,” ujar politikus senior Partai Golkar tersebut.

Dengan demikian, menurut dia, anggaran bisa difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang hasilnya bisa langsung dilihat dan dirasakan masyarakat. 

"Melalui musrenbang ini, saya yakin dan percaya, akan ada banyak ide, gagasan, saran, dan rekomendasi yang konstruktif untuk digunakan dalam penyusunan rencana pembangunan atau rencana kerja perangkat daerah," demikian Supian HK.
Ketua DPRD Kalsel H Supian HK sedang mengikuti Musrenbang provinsi tersebut secara "online" atau dalam jaringan (Daring) di Banjarmasin, Kamis, 22 April 2021. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel Dr. Safrizal ZA, MSi berharap musyawarah tersebut akan memberikan energi yang positif untuk pembangunan, menjawab tantangan dan tuntutan pembangunan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat.

“Mari kita bangkitkan semangat membangun dan berinovasi untuk meningkatkan posisi strategis dalam arena pembangunan ekonomi dan infrastruktur,” ajaknya.

"Kalsel sangat mampu untuk lebih maju dan berkembang lagi, dengan strategisnya wilayah dan melimpahnya hasil alam, tentunya Kalsel merupakan tempat berinvestasi yang sangat baik," demikian Safrizal.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021