Tanjung, (Antaranews Kslsel) - PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Aset 5 lapangan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, memberikan bantuan berupa 15 komputer dan perangkat jaringan internet empat sekolah sekitar perusahaan.


Manager Lapangan, PT Pertamina EP Aset 5 lapangan Tanjung, Heragung Ujiantoro di Tanjung, Rabu mengatakan, bantuan 15 komputer dan perlengkapan lainnya diberikan untuk keperluan laboratorium komputer mini di sekolah-sekolah tersebut.

"Selain komputer termasuk fasilitas pendukungnya mulai dari meja komputer, LCD, printer hingga modem untuk jaringan internet sebagai sarana membangun laboratorium komputer mini di masing-masing sekolah guna mendukung pembangunan dunia pendidikan," jelas Heragung.

Empat sekolah yang mendapatkan bantuan sarana laboratorium komputer mini masing-masing SD Negeri 2 Jaing Hilir, SD Negeri Masukau dan SD Negeri Masukau Luar Kecamatan Murung Pudak dan Madrasah Ibtidayah Negeri di Kabupaten Balangan.

Heragung mengungkapkan adanya fasilitas komputer dan internet menjadi pintu gerbang bagi para guru dan siswa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya di dunia maya disamping memudahkan dalam penyimpanan arsip atau dokumen sekolah.

Dari 15 unit komputer yang diberikan masing-masing untuk SD Negeri 2 Jaing Hilir dan SD Negeri Masukau mendapatkan 4 unit komputer beserta fasilitas pendukung lainnya sedangkan SD Negeri Masukau Luar menerima 5 unit komputer dan MIN di Kabupaten Balangan sebanyak 2 unit bagi keperluan laboratorium komputer mini.

Bantuan komputer dan perlengkapan laboratorium mini ini diserahkan secara langsung oleh manager lapangan, Heragung Ujiantoro didampingi Asisten Manager hukum dan kemasyarakatan, Nanang Electra ke masing-masing kepala sekolah.

Peresmian laboratorium komputer mini dari Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Peduli Pendidikan PT Pertamina EP Aset 5 lapangan Tanjung dilaksanakan di SD Negeri 2 Jaing disaksikan perwakilan Dinas Pendidikan Tabalong, kepala desa hingga kepala sekolah masing-masing sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Tabalong, Sumaryanto dalam sambutannya mengaku cukup senang dengan kepedulian PT Pertamina EP Aset 5 Tanjung terhadap dunia pendidikan melalui pengadaan laboratorium komputer mini di tiga sekolah tersebut.

"Beberapa sekolah memang belum memiliki sarana komputer maupun jaringan internet padahal surat menyurat kadang kita lakukan melalui E-mail karena itu bantuan komputer dari PT Pertamina diharapkan bisa digunakan para guru untuk memudahkan pekerjaan dan mendapatkan informasi lebih banyak ," ungkap Sumaryanto.

Terpisah Kepala Sekolah SD Negeri 2 Jaing Hilir, Antung Juhrah mengatakan laboratorium komputer mini tentunya menjadi sarana yang baik dan efektif bagi guru untuk mendapatkan berbagai informasi terkait dunia pendidikan dan bahan pelajaran tambahan bagi siswa.

  "Selain komputer, PT Pertamina juga memberikan mesin cetak yang dilengkapi mesin fotokopi sehingga kami tidak perlu jauh-jauh jika ingin menggandakan laporan atau soal ulangan," ungkap Antung.   

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015