Kotabaru,(Antaranews Kalsel) - Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, berencana membangun embung atau bendungan untuk mendukung program peningkatan produksi padi.


"Rencananya, embung tersebut akan dibangun di Seratak, Kecamatan Pulaulaut Timur, untuk akan menampung air dari pegunungan Kotabaru," kata Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Hairuddin, di KOtabaru, Rabu.

Dikatakan, Sungai Seratak, di Pulaulaut Timur, memiliki kapasitas 165 liter perdetik.

Sumber tersebut diharapkan mampu mengairi lahan persawahan di daerah tersebut 2.000-3.000 hektare.

"Menurut teori, setiap liter hanya mampu melayani 100 hektare, sehingga dengan kapasitas 165 liter perdetik, berarti hanya mampu mengairi sawah sekitar 1.650 hektare sawah," tutunrya.

Dengan demikian, embung yang dibangun harus lebih dari dua buah, agar luas sawah di wilayah tersebut yang mencapai 3.000 hektare dapat mendapatkan pengairan dari embung tersebut.

Menurut Hairuddin, agar semua lahan persawahan mampu mendapatkan pengairan, akan diberlakukan kebijakan buka tutup aliran air ke irigasi persawahan secara bergantian.

Dia menjelaskan, dana pembangunan embung tersebut berasal dari APBN, Pemkab Kotabaru hanya diminta untuk membuat Detail Engenering Desain (DED).

"Insya Allah APBD 2015, Pemkab Kotabaru akan membuat DED yang diinginkan, agar rencana pembangunan embung tersebut dapat segera terealisasi," paparnya.

  Hairuddin mengharapkan, dengan pembangunan embung tersebut produksi padi di Kotabaru yang ditargetkan sekitar 110.000 ton dari luas tanam 25.000 hektare, dari sebelumnya seluas 22.000 ha dengan hasil padi sekitar 96.800 ton, bisa diwujudkan.    

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015