Banjarmasin, (Antaranews Kalsel ) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Murlan memastikan Sekolah Luar Biasa Palambuan akan medapat gedung ruangan belajar baru tahun ini.


"Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalsel, tahun ini Sekolah Luar Biasa (SLB) Pelambuan Banjarmasin akan mendapat gedung ruang belajar baru," ujarnya, di Balaikota Banjarmasin, Rabu.

Ia menerangkan, anggaran pembangunan gedung belajar yang baru di SLB Palambuan itu dari revisi anggaran pembangunan gedung sekolah lain, istilahnya pindah anggaran.

"Saat ini Disdik Provinsi lagi melakukan proses merevisi anggaran atau memindah anggaran, tadinya anggaran untuk pembangunan di lokasi SLB lain, dipindah ke SLB Palambuan," jelasnya.

"Jadi saat ini lagi proses revisi lokasi bantuan," tambahnya.

Ia menjelaskan, Disdik Provinsi berjanji akan melakukan pembangunan ruang sekolah dengan satu paket renovasi rumah guru SLB Pelambuan, di sana.

Menurut dia, pembangunan gedung untuk ruang belajar di SLB Palambuan sudah sangat penting cepat, karena satu bangunan sekolah yang ada dengan sepuluh ruang belajar tidak bisa digunakan lagi, lantaran tak layak pakai.

"Karena satu bangunan sekolah itu sudah berumur cukup tua, hingga kelihatan sudah reot, dan menghawatirkan untuk digunakan, takutnya membahayakan anak-anak murid," ucapnya.

Sebagaimana diungkapkan Kepala SLB Palambuan Salmah, sebab sekolahnya kini hanya punya 14 ruang belajar yang bisa digunakan, karena satu bangunan berlantai dua sebagai ruang belajar sudah tidak bisa digunakan lagi.

"Sebab, bangun ruang belajar yang lama itu, apabila anak-anak berlari-lari di lantai atas, lantainya bergoyang, bahkan ada materi bangunan yang pernah jatuh. Karena membahayakan, makanya kita tutup," ujarnya.

Karena itu, lanjut dia, sekolahnya yang kini dihuni sebanyak 146 murid dengan jenjang tingkatan SDLB, SMPLB, dan SMALB itu kekurangan ruang belajar. Terpaksa satu ruangan sekolah disekat-sekat dua atau tiga ruangan.

  "Kalau tidak dibangunkan gedung baru pengganti gedung lama yang tidak bisa digunakan lagi, maka tahun akan datang SLB ini bisa tidak menerima murid baru," ujarnya.    

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015