DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan memastikan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) revisi Perda nomor 5 tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) salah satunya untuk percepatan penanganan pemukiman kumuh.

Ketua Panitia khusus (Pansus) pembahasan Raperda RTRW dari DPRD Kota Banjarmasin, Arufah Arif di Banjarmasin, Senin, mengatakan, pihaknya hampir menyelesaikan target penanganan kawasan kumuh melalui revisi Perda RTRW.

"Saat ini memasuki pembahasan penataan kawasan kumuh di Banjarmasin. Kami ingin kawasan kumuh di Banjarmasin cepat teratasi," ucap Arufah.

Menurutnya, penanganan kawasan kumuh di Banjarmasin perlu mendapat perhatian khusus, yang juga akan menyasar pemukiman di kawasan sungai.

"Akan ada payung hukum bagi Pemkot Banjarmasin menata kawasan kumuh. Ini mendapat dukungan dari Legislatif," terangnya.

Sesuai SK Walikota 2015, luas kawasan kumuh yang masuk program Kotaku mencapai 549,7 hektare, di mana ini sudah tertangani hingga tahun 2019 seluas 500 hektare lebih.

Dari tahun 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019 luas kawasan kumuh di Banjarmasin tinggal 46,21 hektare atau tinggal 8,71 persen dari sebesar 549,7 hektare tadi.

Pada 2020, Banjarmasin tidak mendapat bantuan untuk program Kotaku dari pemerintah pusat, karena anggaran banyak tersedot untu kepenanganan pandemi COVID-19.

Diharapkan dengan diselesaikannya revisi Perda ini, penanganan kawasan kumuh kembali bergerak cepat, di mana APBD kota juga bisa maksimal digelontorkan di sana.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Banjarmasin Ahmad Fanani memprediksi  kawasan kumuh di kotanya akan naik signifikan pada rampungnya revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Menurut dia, dengan makin luasnya daerah pemukiman pada rancangan revisi RTRW 2021-2040 tersebut, maka prediksinya kawasan kumuh naik 390 hektare.

"Ini akan diindentifikasi ulang, kawasan kumuh itukan ada di kawasan pemukiman, hingga akan dibuat SK baru untuk penanganan lima tahun kedepannya," kata A Fanani.

Menurut dia, SK penambahan penanganan kawasan kumuh untuk lima tahun kedepan itu untuk masuk program kota tanpa kumuh (Kotaku) tersebut sebelum Perda RTRW yang baru sudah ditandatangani.

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021