Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad berhadir dan mengukuhkan kepengurusan Himpunan Relawan (HR) Rescue Malutu, di Vila HR Seribu Bunga, Desa Malutu, Kecamatan Padang Batung.

Ia mengatakan, sangat mengapresiasi dan menghargai niat, semangat dan empati mereka para relawan, pengukuhan hari ini adalah bagian dari kesepakatan masyarakat Desa Malutu yang dimotori oleh Ayahanda H. Riduan.

"Yang pada prinsipnya adalah masyarakat di sini ingin berpartisipasi di dalam persoalan kebencanaan dan kemanusiaan, dan ini adalah hal yang patut dihargai," katanya, Minggu (11/4).
 
Pengukuhan Himpunan Relawan Rescue Malutu (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: 15 rumah di Pakan Dalam terbakar, dua relawan pemadam luka ringan

Dijelaskan dia, sebagai dukungan pemerintah daerah, berkenaan dengan bantuan maka nanti apa yang menjadi kebutuhan di sini harus diusulkan. Ada dari BPBD programnya seperti apa bisa dikomunikasikan.

Yang paling utama adalah pendalaman materi berkenaan persoalan kebencanaan, jadi mungkin nanti ada pelatihan dan semacamnya, serta pihaknya berharap HR Rescue Malutu ini menjadi bagian penting dalam kegiatan proses pembangunan di HSS, khususnya bidang kemanusiaan.

Menurut dia, karena bagaimana pun sekarang ini sering terjadi bencana, relawan adalah orang yang dalam hidupnya benar-benar merelakan waktu, materi dan tenaga bagi yang membutuhkan tanpa mengharap imbal balik dari siapa pun.

Wakil Ketua I HR Rescue Malutu, Hendrayani, mengatakan jika pelaksanaan pengukuhan ini berdasarkan hasil musyawarah mufakat bersama aparat desa, tokoh masyarakat, dan para pemuda Desa Malutu pada Selasa (25/3) lalu di Villa HR H. Riduan.

"Sebagai upaya respon tanggap darurat desa dalam menghadapi musibah bencana, maka telah disepakati untuk membentuk kelompok rescue yang diberi nama Himpunan Relawan Rescue Malutu," katanya.
 
Pengukuhan Himpunan Relawan Rescue Malutu (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Setelah tiga hari, jasad korban tenggelam di Sungai Amandit ditemukan

Tujuan pembentukan Kelompok HR Rescue Malutu ini adalah untuk memberikan bantuan, pertolongan, penyelamatan bila terjadinya suatu musibah atau bencana, khususnya di Desa Malutu sendiri ataupun daerah lainnya yang memerlukan bantuan rescue.

Dan juga sebagai tim gerak cepat untuk kegiatan bidang sosial mayarakat positif lainnya yang dilakukan di Desa Malutu, Kecamatan Padang Batung. Dengan jumlah anggota sebanyak 68 orang.

"Pengurus HR Rescue Malutu akan menjabat selama lima tahun dari 2021-2026, di mana Pembina HR Rescue Malutu adalah Wakil Bupati HSS dan Pelindungnya adalah Camat Padang Batung, Kapolsek, serta Danramil," katanya.

Turut hadir, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) H. Syamsudin, Camat Padang Batung Heri Utomo,  Pemilik Villa HR H. Riduan, dan undangan lainnya.
 
Pengukuhan Himpunan Relawan Rescue Malutu (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021