Sebanyak 15 buah rumah di Desa Pakan Dalam, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terbakar, 25 Kepala Keluarga (KK), 83 jiwa harus mengungsi atau ditampung keluarga.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten HSS, Iwan Friady melalui Kabid Pemadam Kebakaran, Nur Abdi Kesuma Jaya, mengatakan kebakaran tersebut tersebut terjadi Sabtu (6/3) sekitar pukul 15.45 Wita, sementara karena kejadian ini dua orang relawan pemadam kebakaran mengalami luka ringan.

"Dua petugas tersebut sudah ditangani petugas kesehatan, serta sudah diperbolehkan pulang, dan untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib," katanya, saat memberikan keterangan.

Baca juga: Kebakaran di Pasar Negara diduga karena arus pendek

Dijelaskan dia, lokasi terjadinya kebakaran terjadi di Desa Pakan Dalam, RT 04, RW II, sebelumnya pihaknya mendapatkan informasi tentang kebakaran dan bersama BPBD HSS, Kerukunan Badan Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten HSS serta relawan langsung menuju lokasi.

Tiba di Desa Pakan Dalam RT 4 Kecamatan Daha Utara, ternyata kobaran api di sejumlah rumah warga sudah semakin membesar, para petugas, relawan dan masyarakat berusaha memadamkan, dengan waktu api kurang lebih selama satu jam hingga akhirnya berhasil dipadamkan.

Berdasarkan pendataan di lapangan 15 buah rumah warga terbakar baik dari kerusakan 40 persen hingga 100 persen, disamping karena rata-rata rumah dengan bangunan berbahan material kayu, dan letaknya saling berdekatan.

Baca juga: Petugas dan relawan bantu pemadaman di RSUD Kandangan, Wabup berterima kasih

"Bupati HSS Achmad Fikry telah menginstruksikan langsung kepada dinas terkait agar segera membantu korban yang terdampak musibah kebakaran, dan malam ini juga bantuan sementara akan diantar ke Daha Utara, baik dari BPBD maupun Dinas Sosial HSS," katanya.

Ditambahkan dia, setelah dilakukan pendataan jumlah serta presentasi kerusakan rumah warga Desa Pakan Dalam RT 4 Kecamatan Daha Utara, direncanakan Pemerintah Kabupaten HSS juga bakal memberikan bantuan material bangunan. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021