Serikat Tani Islam Indonesia (STII) Provinsi Kalimantan Selatan, berhasil mengenalkan keberadaan padi unggul varietas Trisakti yang memiliki kemampuan berproduksi cukup tinggi kepada petani.

Hasil panen padi varitas Trisakti yang dilakukan panen perdana oleh Bupati Tabalong Anang Sahfiani yang didampingi oleh Ketua STII Kalsel, Ustadz Khairani Idris di salah satu sentra persawahan Kecamatan Jaro, pertengahan minggu ini yang  berhasil memproduksi 13,5 ton per hektare.

Hasil itu, kata Khairani Idris membuktikan hasil tertinggi karena sebelumnya produksi setempat paling banter antara lima hingga enam ton per hektare.
Saat panen perdana varietas Trisakti di Jaro, Tabalong (Antaranews Kalsel/Hasan Z)
Setelah berhasil mengenaikan di Kabupaten Tabalong rencananya varietas ini akan dikembangkan secara luas di seluruh kabupaten dan kota se Kalimantan Selatan, dalam kaitan meningkatkan produkvitas padi wilayah ini.

Ketika ditanya soal varietas tersebut ia menyebutkan memang varietas itu sudah dikenal beberapa tahun sebelumnya oleh seorang peneliti padi Prof Ali Zum, yang juga Wakil Ketua Umum STII pusat.

Saat panen perdana yang dihadiri para pejabat Pemkab Tabalong dan kalangan Pertanian setempat disamping para pengurus STII Kalsel dan Tabalong sendiri, Bupati Anang Sahfiani menyatakan berterimakasih kepada STII mengenaikan varietas baru tersebut.

Ia berharap varietas ini kian dikembangkan di Tabalong mengingat areal persawahan setempat cukup luas, apalagi jika dikaitkan dengan ibukota RI yang baru di wilayah Kaltim, maka Tabalong bisa menjadi pintu terdepan di Kalsel yang memerlukan pangan yang lebih banyak lagi di kemudian hari.

Sementara Ketua STII Banjarmasin Mohammad Ary yang hadir saat panen perdana bersama pengurus STII lainnya Pak Indra merasa gembira kahadiran STII di tengah masyarakat, termasuk sudah mengenalkan varietas Trisakti.

Dengan kehadiran STII diharapkan bukan hanya persawahan yang baru tetapi juga terhadap sektor sektor pertanian yang lain, termasuk perkebunan dan perikanan.
Saat panen perdana varietas Trisakti di Jaro, Tabalong (Antaranews Kalsel/Hasan Z)
Saat panen perdana varietas Trisakti di Jaro, Tabalong (Antaranews Kalsel/Hasan Z)

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021