Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Selatan mengajak komunitas pecinta lingkungan seperti Forum Komunitas Hijau (FKH) Banjarmasin serta Perkumpulan Hijau Daun (PHD) Kota Banjarmasin menciptakan suasana "Hijau Bersinar."

Artinya BNNP dan komunitas ingin menciptakan suasana lingkungan yang bersih, aseri, hijau, yang "bersinar" (bersih dari narkoba), kata Kepala BNNP Kalsel, Brigjen Pol Drs Jackson Lapalonga, Msi saat mengundang para relawan lingkungan tatap muka di kantornya, Jl DI Panjaitan Banjarmasin, Kamis.

Menurut pejabat  yang baru beberapa bulan menjabat di Kalsel tersebut, ia tertarik untuk menata wilayah Banjarmasin dan daerah sekitarnya menjadi indah, bersih, dan aseri penuh dengan pohon penghijauan sehingga lingkungan menjadi nyaman.
Pertemuan Pejabat BNNP Kalsel dan komunitas (Antaranews Kalsel/Hasan Z)

Ia sendiri mengaku cukup prihatin melihat kondisi sungai khususnya sungai kiri dan kanan Jalan A Yani Banjarmasin yang masih kotor dan tersumbat, padahal sungai di kota ini menjadi modal guna menciptakan kota yang cantik bertema sungai, jika sungai terpelihara dengan baik. 

Selain itu ia juga merasa terpanggil bukan saja memberantas narkoba tetapi menciptakan lingkungan yang lestari, oleh karena itu kepingin mengajak komunitas untuk berkolaborasi dalam upaya  pencegahan penyalahgunaan narkoba dan menciptakan suasana ramah lingkungan tersebut.

Apalagi ia menilai komunitas FKH dan PHD sudah membudayakan melakukan edukasi lingkungan ke masyarakat, pelajar, dan mahasiswa, sangat elok pula jika setiap kegiatan edukasi tersebut disisipkan mengenai bahaya narkoba.
Foto bersama dengan simbol salam hijau dan salam lestari (Antaranews Kalsel/Hasan Z)
Tahap awal kolaborasi tersebut, Jumat akan melakukan kegiatan gowes bersama sekaligus penanaman pohon penghijauan, buah buahan, dan tanaman hias di lingkungan Kebun Raya Banua kawasan perkantoran PemProv Kalsel.

Bahkan ia sendiri akan merancang aneka program kolaborasi kedua belah pihak tersebut seusai idul fitri mendatang, bahkan angan-angannya ingin menciptakan kawasan laut wilayah Kotabaru yang bersih indah dan penuh terumbu karang buatan yang bisa menjadi objek wisata.
Saat makan bersama (Antaranews Kalsel/Hasan Z)
Kordinator kegiatan FKH sekaligus Ketua PHD Banjarmasin Paman Anum menyambut gembira keinginan kolborasi tersebut, karena hal itu akan menjadikan kegiatan penghijauan dan kegiatan sosial kemasyarakat yang dilakukan selama ini kian berkesinamabungan.

Akhir pertemuan pihak Kepala BNNP dan pejabat lainnya Yanto Suparwiro mengajak para komunitas yang hadir makan bersama di salah satu rumah makan yang kala itu dihadiri pula oleh senior komunitas Mohammad Ary dan Akhmad Arifin.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021