Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan mengusulkan satu kelurahan dan sembilan desa untuk masuk Program Kampung Iklim (Proklim) di Kabupaten Balangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Balangan Musa Abdullah, melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dessy Reyhanie di Paringin Rabu, membeberkan akan ada 10 kampung iklim yang akan pihaknya kembangkan. 

"Wilayah yang akan dibina adalah Kelurahan Paringin Timur, Desa Murung Ilung, Desa Balida, Desa Panggung, Desa Bungin, Desa Bihara Hilir, Desa Sungai Batung, Desa Banua Hanyar, Desa Riwa dan Desa Batumerah," bebernya.

Desy menyebutkan, dari semua kampung iklim ini tiga di antaranya sudah mendapat penghargaan dan tujuh lainnya masih pemula.

(Antaranews Kalsel/Ragil Darmawan)

Selanjutnya, ia menjelaskan, selain memberikan arahan, nantinya pihaknya juga bermitra dengan perusahaan swasta untuk mendukung program kampung iklim tersebut. 

"Program kampung iklim ini bertujuan untuk menciptakan ketahanan masyarakat terhadap adanya perubahan iklim, yakni perubahan kemarau dan musim hujan sangat berdampak pada perubahan lingkungan, sehingga kemarau panjang, kemungkinan adanya kebakaran hutan dan lahan ataupun bencana banjir pada musim hujan," jelasnya.

Terakhir, ucap Desy, apabila satu wilayah sudah melaksanakan program kampung iklim, semua warga pun akan melaksanakan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim tersebut.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021