Menjelang bulan suci Ramadhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Perdagangan (Disdag) dan Dinas Ketahanan Pangan HSS melaksanakan pasar murah dan bazar Toko Tani Indonesia (TII) di 11 kecamatan.

Kabid Bina Perdagangan Disdag HSS, Amelia Budhiarti, di Kandangan, mengatakan pasar murah dan bazar ini bertujuan untuk menciptakan stabilitas harga kebutuhan pokok, sambut bulan Ramadan 1442 Hijriah serta Idulfitri.

"Pasar murah dan bazar di 11 Kecamatan yang tersebar di HSS dilakukan secara bergiliran sejak Sabtu (27/3) akhir pekan tadi sampai 22 April 2021, waktunya per lokasi dari sekitar pukul 09.00 sampai 14.00 Wita atau persediaan masih ada," katanya.

Dijelaskan dia, Pasar murah dan Bazar TTI pertama dilakukan di Desa Lumpangi, Kecamatan Loksado, di setiap operasi pasar murah yang merupakan agenda rutin setiap tahunnya dilakukan Disdag Kabupaten HSS menggunakan dua sistem.

Baca juga: 2.000 paket disiapkan operasi pasar murah HSS melalui distribusi tertutup

Khusus kebutuhan pokok ada diberikan subsidi sebesar Rp10 ribu kepada warga yang tidak mampu, sedangkan gas elpiji tiga kilogram menggunakan kupon yang akan dibagikan jajaran Kecamatan.

Sembako diberi subsidi maksimal untuk lima item bagi 125 pembeli di setiap lokasi, sedangkan gas elpiji tiga kilogram disediakan 280 tabung dengan harga HET dari PT Pertamina Persero.

"Dalam setiap operasi pasar murah dan Bazar TTI di 11 Kecamatan se-Kabupaten HSS, warga ingin membeli kebutuhan pokok wajib menerapkan protokol kesehatan (Prokes) mencegah COVID-19," katanya.

Menurut dia, apabila tidak menerapkan Prokes, warga tidak akan dilayani saat membeli kebutuhan pokok, imbauan menerapkan Prokes ini juga disampaikan ke Kecamatan supaya warga menggunakan masker saat mendatangi lokasi pasar murah dan Bazar.

Baca juga: Sambut Ramadhan, Pemkab HSS kembali laksanakan Bazar TTI

Adapun sisa 10 lokasi dan waktu pasar murah dan Bazar TTI rencananya dilakukan yaitu Kecamatan Daha Barat di Desa Badaun, Rabu (31/3).

Kemudian, Kecamatan Telaga Langsat di Desa Lokbinuang, Kamis (1/4), Kecamatan Daha Utara di depan kantor Kecamatan setempat, Senin (5/4), Kecamatan Sungai Raya di Pasar Ahad Batang Kulur, Rabu (7/4).

Kecamatan Daha Selata di Desa Sungai Pinang, Kamis (8/4), Kecamatan Simpur di Balai Desa Tebing Tinggi, Sabtu (10/4), dan di Kecamatan Angkinang di Desa Angkinang atau Sungai Hanyar, Senin (12/4).

Selanjutnya, Kecamatan Kalumpang di Desa Balanti, Kamis (15/4), Kecamatan Kandangan di Balai Desa Bariang, Senin (19/4) dan, terakhir Kecamatan Padang batung di depan kantor Kecamatan setempat, Kamis (22/4).

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021