Dinas Pendidikan  Hulu Sungai Tengah menyalurkan Dana Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) untuk 262 siswa dari Paket C, SMA dan SMK, serta 75 siswa SLTA / sederajat di lingkungan Kementerian Agama.

Sedangkan jumlah siswa yang mendapatkan bantuan GNOTA di daerah tersebut  antara lain untuk Pendidikan Luar Sekolah 56 siswa Paket C, Pendidikan Menengah 75 siswa SMA, 56 siswa SMK dan 75 siswa SLTA / sederajat di lingkungan Kementerian Agama.

Sekretaris GNOTA Disdik  HST Rusmayadi  di Barabai, Kamis mengatakan penyaluran untuk GNOTA Paket C telah dilakukan  sejak tanggal 10 Mei 2011 kepada para siswa  yang tidak mampu berdasarkan data yang dibuat para penyelenggara paket C pada setiap kecamatan rata-rata tiga siswa.

"Bantuan yang diberikan  berupa Dana Rp. 275.000,-/orang dan ditambah seperangkat alat-alat tulis terdiri dari tas, buku, penggaris, balpoint  dan pensil" katanya.

Sedangkan untuk pendidikan menengah, kata dia juga diberikan bantuan untuk GNOTA sejumlah 131 siswa dengan tujuan tentunya untuk meringangkan beban orang tua dalam biaya pendidikan, memberikan motivasi dan perhatian serta memenuhi keperluan sekolah siswa tak mampu.

Anggota GNOTA Disdik HST Hj Ida Priyanti Menambahkan total dana bantuan GNOTA untuk siswa Paket C sebesar Rp15.400.000,-, untuk siswa SMA dan SMK Rp36.025.000 dan untuk siswa di lingkungan Kementerian Agama HST berjumlah Rp. 20.625.000,-.

Dibentuknya kepengurusan GNOTA Disdik HST, kata dia bertujuan untuk mengurus keperluan penyaluran dan administrasi Dana GNOTA Disdik HST yang diketuai H Rahmadi dan Sekretaris Rusmayadi.

Adapun untuk mempercepat  penyaluran dana GNOTA, kata dia dilakukan melalui bantuan masing-masing Kepala Sekolah penerima bantuan GNOTA, Para Penyelenggara Paket C dan Bantuan dari Kementerian Agama HST. (Fat/B)

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011