Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kalimantan Selatan masih tetap optimistis pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wagub provinsi tersebut H Sahbirin Noor - H Muhidin dengan singkatan "BirinMu" memenangkan pemilihan suara ulang (PSU) nanti.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalsel Dr (HC) H Supian HK SH MH mengemukakan optimistis tersebut, usai rapat terbatas para fungsionaris partai politik (Parpol) berlambang pohon beringin itu di Banjarmasin, Rabu (24/3) siang.

Optimistis Supian HK yang juga Ketua Bappilu DPD Partai Golkar Kalsel itu berdasarkan data keanggotaan Parpol pengusung dengan perkiraan lebih 270.000 orang, belum lagi dari pendukung dan simpatisan lainnya.

"Jadi asalkan keluarga besar Partai Golkar dan Parpol pengusung kompak, insya Allah BirinMu memenangkan PSU atau memimpin daerah Kalsel," tegasnya.

"Oleh karena itu, selain secara internal Partai Golkar, kami juga akan konsolidasi dengan Parpol pengusung dan pendukung," demikian Supian HK yang juga Ketua DPRD Kalsel.

Berdasarkan Putusan MK tersebut dari 13 kabupaten/kota itu tiga di antaranya yang harus melaksanakan PSU paling lambat 60 hari.

Wilayah yang harus melaksanakan PSU tersebut sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Banjar yaitu Martapura, Astambul, Matraman, Sambung Makmur dan Kecamatan Aluh-Aluh, serta Kecamatan Banjarmasin Selatan di Kota Banjarmasin.

Selain itu, pada 24 tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Dalam Putusan MK tersebut juga memerintahkan, perangkat/personalia penyelenggara PSU harus orang baru dari tingkat kecamatan hingga TPS.

Pada Pilkada Kalsel 2020 atau Pilgub dan Pilwagub ada dua pasangan calon (Paslon) yaitu H Sahbirin Noor (petahana) - mantan Wali Kota Banjarmasin H Muhidin dengan singkatan "BirinMu" nomor urut satu (1).

Kemudian mantan Wamen KUMHAM H Denny Indrayana berpasangan dengan mantan Wakil Bupati Tanah Laut (Tala), Kalsel H Defri Derajat disingkat H2D nomor urut dua (2).

Partai politik (Parpol) pengusung Paslon BirinMu terdiri dari Partai Golkar, PDI Perjuangan, PAN, PKB, PKS dan Partai NasDem, pendukung Partai Perindo,.PSI dan PKPI.

Sedangkan Parpol pengusung H2D Partai Gerindra, Demokrat, PPP dan Partai Hanura, pendukung Partai Berkarya.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021