Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mulai merencanakan pembangunan rumah sakit baru di kawasan Desa Muara Tapus Kecamatan Amuntai Tengah dilahan seluas 4,8 hektar dengan alokasi anggaran Rp209 milyar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU Danu Frans Fotohena di Amuntai, Jum'at (19/3) mengatakan, rumah sakit yang dibangun nanti merupakan rumah sakit tipe C berlantai tiga.

"Tahap pertama 4 unit yang akan dibangun yaitu, poliklinik, UGD, Himodealisa kemudian ruang rontgen, ruang bersalin dan ruang rawat inap sebanyak 100 tempat tidur,"ujar Danu.

Danu mengatakan, tahap berikutnya tentunya akan menambah beberapa ruangan unit fasilitas dan lain - lain. Sedangkan untuk tahap pertama rumah sakit baru akan rampung di tahun 2022 dan langsung mulai beroperasi.
 
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU Dr Danu Frans Fotohena menyampaikan sosialisasi rencana pembangunan rumah sakit baru di Rumah Makan Kalijo Desa Muara Tapus Amumtai, Jum'at (19/3). (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

"Insya Allah di 2026 rampun pembangunan semuanya,' katanya.

Sementara, lanjutnya, rencana persiapan pembangunan rumah sakit sudah dilaksanakan terkait dengan dokumen - dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) kemudian dokumen lainnya.

Selain itu juga dilakukan penyusunan manejemen konstruksi juga konsultan manejemen konstruksi dan terakhir dilakukan pembangunan fisiknya pada Juli 2021 sampai Agustus 2022.

Mensosialisasikan rencana pembangunan rumah sakit baru di Rumah Makan Kalijo Amuntai, Danu berharap pembangunan rumah sakit baru ini dapat meningkatkan pelayanan dan kualitas kesehatan, memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang berobat karena fasilitas yang lebih lengkap 

"Rumah sakit ini dibangun ditahap awal dengan tipe C, nantinya akan semakim berproses berkembang akan menjadi tipe B," tandasnya.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021