Bupati Banjar Saidi Mansyur luncurkan Layanan Adminstrasi dan Pengaduan Online Rakyat Maju, Mandiri dan Agamis (Lapor Manis) sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat di kabupaten setempat. 

Peluncuran layanan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N ) sekaligus penandatanganan komitmen bersama implementasi SP4N di Aula Barakat Martapura, Rabu.

Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsyi, Sekda Banjar M Hilman, Ombudsman RI perwakilan Kalimantan Selatan M Firhansyah,  dan seluruh kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

"Pengelolaan Pengaduan Layanan Publik Nasional melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat memiliki tujuan menyampaikan semua aspirasi pengaduan masyarakat pada beberapa kanal," ujar bupati. 

Menurut dia, pemerintah Kabupaten Banjar mendukung keberadaan aplikasi SP4N LAPOR walau pun layanan ini sudah berjalan kurang lebih tiga tahun, namun diharapkan pelayanan semakin maksimal. 

"Semoga sistem Lapor Manis lebih meningkatkan kualitas layanan dan memberikan jaminan kepastian penyelesaian pengaduan masyarakat serta memberikan tindak lanjut penyesuaian aktif responsif," ucapnya.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Aidil Basith menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan Lapor SP4N yang diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat. 

"Maksud dan tujuannya, menampung seluruh aduan atau aspirasi. Selain itu juga untuk meningkatkan peran aktif masyarakat melalui pengaduan yang bisa disampaikan melalui pesan singkat atau SMS," katanya. 

Ditambahkan, aduan terkait layanan publik bisa disampaikan dengan cara SMS ketik Banjar (Spasi) isi aduan kirim ke 1708 atau melalui media sosial yang selalu aktif sehingga bisa merespon pelayanan. 

Ada pun layanan publik yang bisa digunakan adalah instagram @laporbanjarkab dan @lapor1708  Twitter @LAPOR1708 dan Facebook  Layanan Administrasi dan Pengaduan Online Rakyat.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021