Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Badan Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, melibatkan wartawan pada aksi peduli lingkungan melalui penanaman bibit pohon di tepi dan median jalan.


Kepala BLH Banjarbaru, Fahruddin di Banjarbaru, Jumat mengatakan, pihaknya khusus melibatkan wartawan agar menanam langsung bibit pohon demi penyelamatan lingkungan.

"Selama ini, rekan-rekan wartawan hanya menulis tentang lingkungan dan kegiatan penanaman pohon. Namun sekarang mereka kami ajak langsung menanam bibit pohon," ujarnya.

Disebutkan, wartawan yang ikut menanam bibit pohon berasal dari 13 media baik cetak maupun elektronik tergabung dalam anggota "Pressroom" Pemkot Banjarbaru.

Mereka adalah Ahyar Banjarmasin Post, Rasyid (Mata Banua), Rizal (LKBN Antara), Rini Dwi (Radio Abdi Persada), Nurdin (TVRI), Rismana (Banjar TV) dan Rahmat (Radar Banjarmasin).

"Bibit pohon kami sediakan dan langsung ditanam setiap wartawan sehingga mereka bisa melihat dan memantau pohon yang ditanamnya," ucap Fahruddin.

Ia mengatakan, penanaman bibit pohon dipimpin Wakil Wali Kota Ogi Fajar Nuzuli yang ikut menanam bibit pohon jenis Trambesi diikuti wartawan yang menanam bibit pohon serupa.

Menurut dia, penanaman bibit pohon yang dilakukan di Jalan Trikora depan Kantor BLH Banjarbaru juga melibatkan anggota TNI/Polri dan puluhan pelajar SMP dan SMA.

Dijelaskan, penanaman dilakukan di sisi kiri dan kanan jalan termasuk pada median jalan sepanjang 300 meter yang ditanami pohon peneduh dan pohon hias lainnya.

"Saat ini, penanaman masih di sisi kiri dan kanan serta median depan Kantor BLH, namun ke depan kami upayakan penanaman pohon pada sepanjang jalan dan median," ujarnya.

Salah seorang wartawan Rini Dwi Masmuda mengatakan sangat senang dan antusias dilibatkan langsung dalam aksi penanaman bibit pohon yang digagas BLH Banjarbaru.

"Kami senang karena menanam langsung bibit pohon dan setiap saat bisa melihat pertumbuhannya yang diharapkan membawa manfaat bagi lingkungan," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015