Banjarmasin,  (AntaranewsKalsel) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Kalimantan Selatan H Fikri menyatakan, partai politik tersebut tak ingin hanya menjadi penonton pada pemilihan kepala daerah atau pilkada di provinsi itu.

"Saya kira sama dengan partai politik (parpol) lain, Partai Demokrat pun tidak ingin hanya sebagai penonton dalam Pilkada di Kalsel," katanya di Banjarmasin, Sabtu.

Untuk itu pula, lanjutnya, tentu ada calon yang dijagokan buat mengincar kursi kepala daerah, sebaik sebagai gubernur maupun bupati dan wali kota pada Pilkada nanti, yang dijadwalkan akhir tahun 2015.

Karena itu, DPD Partai Demokrat segera akan membuka penjaringan bakal calon kepala daerah, berkaitan pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan gubernur, bupati dan wali kota, di provinsi yang terdiri 13 kabupaten/kota ini.

Namun dia belum bisa memastikan waktu mulai penjaringan bakal calon (balon) kepala daerah tersebut, kecuali menyatakan, nanti pihaknya akan menggelar jumpa pers.

"Nanti akan saya sampaikan 1 Februari 2015, kami akan mengundang seluruh kawan-kawan dari awak media," ujar Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalsel tersebut.

Ketika ditanya apakah sudah mempersiapkan jadwal penjaringan bakal calon kepala daerah melalui partai berlambang bintang mercy ini, dia menyatakan, sudah ada.

Sebelumnya, dia pernah menyampaikan, pihaknya sudah membentuk tim tujuh untuk membantu penjaringan bakal calon kepala daerah.

"Dengan tim tujuh tersebut, kita harapkan penjaringan bakal calon akan lebih efektif serta mampu melakukan pendekatan kepada semua bakal calon," demikian Fikri.

Sementara itu, DPD Partai Golkar Kalsel juga akan menyikapi tahapan pelaksanaan pilkada, baik untuk tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

Dalam menyikapi tahap Pilkada tersebut, Partai Golkar akan melaksanakan rapat pleno diperluas, yang dijadwalkan Senin (26/1) untuk mempersiapkan apa saja yang mesti dipersiapkan untuk membuka penjaringan bakal calon.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015