Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Cabang Kotabaru, Kalimantan Selatan, gandeng asosiasi instalasi untuk membentuk "gerai listrik" guna melayani calon pelanggan atau pelanggan potensial.


Manajer PT PLN Cabang Kotabaru Muhammad Rizlani, didampingi Supervisor Pelayanan H Hariadi, Rabu mengatakan, salah satu tujuan dibentukanya gerai listrik, adalah mengurangi tatap muka antara petugas di loket PT PLN dengan calon pelanggan.

Selain tatap muka dengan petugas di loket PLN, dengan gerai juga untuk mencegah adanya oknum instalasi yang menggunakan kesempatan dengan mencari keuntungan pribadi dari calon pelanggan.

"Calon pelanggan diarahkan menggunakan jasa gerai listrik, apabila hendak mengajukan sambungan baru, menurunkan daya, atau tambah daya," jelasnya.

Hariadi mengungkapkan, selama ini PLN membuka tiga "pintu" dalam melayani calon pelanggan baru, yakni, pendaftaran melalui online, website dengan alamat WWW.PLN.co.id dan datang langsung ke loket PLN.

"Ditambah dengan gerai listrik, pelayanan PLN terhadap salon pelanggan baru atau pelanggan lama yang menginginkan layanan baru bisa melalui empat jenis," terangnya.

Menurut dia, sebagian masyarakat masih belum terbiasa dengan layanan online, sehingga untuk membantu masyarakat agar tidak terjebak atau tidak kesulitan untuk memasang sambungan baru, diarahkan datang langsung ke gerai listrik.

"Karena di sana, gerai akan memberikan beberapa alternatif untuk pemasangan baru, mulai dengan harga standar, hingga harga per item atau titik, sesuai kehendak calon pelanggan," paparnya.

Kedepan, lanjut dia, gerai listrik diarahkan untuk melayani calon pelanggan yang memasang dibawah 1.300 what, dan diatasnya akan diarahkan datang langsung ke loket.

Manajer PLN Cabang Kotabaru, Rizlani, mengemukakan, pihaknya menargetkan dapat melayani pemasangan baru kepada calon pelanggan sebanyak 4.400 sambungan per tahun.

"Realisasinya periode 2014 PT. PLN Kotabaru dapat melakukan penyambungan kepada pelanggan baru sebanyak 4.700 pelanggan, melebihi target 4.400 pelanggan," terangnya.

Dia menjelaskan, hingga pertengahan Januari 2015, pelanggan potensial atau daftar tunggu yang sudah terdaftar di PLN Cabang Kotabaru mencapai 3.016 calon pelanggan.

Jumlah tersebut, menurut Rizlani, bisa diselesaikan dengan waktu sekitar empat bulan saja. Akan tetapi karena setiap hari jumlah calon pelanggan terus bertambah, maka penyelesaian penyambungan baru tidak akan tuntas.

  Sementara itu, kapasitas mesin pembangkit listrik di Kotabaru hingga saat ini sebesar 14,5 MW, untuk melayani 129.148 pelanggan yang tersebar di sejumlah daerah.    

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015