Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto memastikan sinergitas TNI-Polri di Kalsel tetap solid dan tidak terpengaruh insiden penembakan di Jakarta.

"Soliditas kita tidak tergoyahkan sampai saat ini. Alhamdulilah semua berjalan baik sebagaimana di level pimpinan hingga ke bawah," kata dia di Banjarmasin, Jumat.

Menurut Rikwanto, kebersamaan TNI-Polri sudah mengakar karena masuk ke hati masing-masing secara batiniah dan lahiriah.

"Jadi kita solid, tidak ada masalah," cetusnya.

Kapolda menegaskan pula peristiwa yang terjadi di ibukota adalah perbuatan seorang oknum dan tidak ada sangkut pautnya dengan institusi. Sehingga dia berharap tak ada pihak-pihak yang mencoba memprovokasi hingga terjadi hal tak perlu.

"Kapolri sudah tegas pelaku diberhentikan dan diproses pidana. Jadi biarlah proses hukum berjalan sesuai ketentuan untuk pelaku mempertanggungjawabkan perbuatannya," jelas jenderal bintang dua itu.

Kemudian agar peristiwa serupa tak terjadi di Kalsel, Rikwanto mengingatkan kembali anggotanya tak berada di tempat hiburan kecuali untuk alasan tugas.

"Semuanya kita perketat lagi termasuk kepemilikan senjata api. Jika dalam hasil evaluasi tidak layak, maka senpi ditarik saja," pungkasnya.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021