Bupati dan Wakil Bupati Balangan, Abdul Hadi dan Supiani resmi dilantik oleh Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA atas nama Kemendagri Tito Karnavian.

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA di Banjarmasin Jumat, menyampaikan amanat dari Kemendagri Tito Karnavian, ia juga membawakan sambutan dan memberikan arahan kepada para kepala daerah beserta wakilnya yang dilantik. 

"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih dalam menjalankan amanah dan tanggung jawab yang mengedepankan kepentingan masyarakat dan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945," ucap Safrizal. 

Menurut dia, mengemban tugas negara dan amanah rakyat bukan tugas yang mudah. Bahkan bisa dibilang penuh tantangan, kesulitan serta kekurangan.  

"Namun saya percaya inovasi dan kreativitas kolaborasi dengan seluruh pihak maka kesulitan bisa diatasi," ujar Safrizal. 

Ia juga mengarahkan agar para kepala daerah yang sudah dilantik akan melanjutkan program percepatan pembangunan daerah. Di antaranya percepatan penanganan COVID-19.

Kemudian melakukan pemulihan ekonomi, menjaga daya beli masyarakat, memastikan ketersediaan makanan pokok serta masalah sosial lainnya yang disebabkan pandemi COVID-19.

Selain itu, perlunya memastikan kelancaran pelaksanaan vaksinasi yang dipenuhi sesuai tahapan, bahkan bila perlu lebih cepat dan juga penanganan bencana pascabanjir. 

Pelantikan sendiri dilaksanakan di Gedung Mahligai Pancasila bersamaan dengan sejumlah kepala daerah terpilih lainnya.

Melalui pelantikan tersebut, kini Abdul Hadi telah menjabat sebagai Bupati Balangan, begitu pula Supiani yang sejak hari ini menjadi Wakil Bupati Balangan. 
 
. (Antaranews Kalsel/Ragil Darmawan)
Secara simbolis, Abdul Hadi dan Supiani menandatangani SK Pelantikan. Begitu pula dengan tiga kepala daerah lainnya serta satu wali kota di wilayah Kalsel. 

Sebagaimana diketahui, pelantikan yang digelar merupakan penyelenggara kegiatan yang dilaksanakan pasca Pilkada serentak 2021 kemarin. Dimana ada tujuh kabupaten dan kota di Kalsel yang menggelar. 

Adapun kepala daerah beserta wakilnya yang dijadwal pelantikan hari ini yakni, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin dan Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono. Kemudian Bupati Kabupaten Banjar Saidi Mansur dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar Habib Idrus Al-Habsyie. 

Kemudian Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar dan Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli, Bupati Balangan Abdul Hadi dan Wakil Bupati Balangan Supiani.  Serta Bupati Hulu Sungai Tengah Aulia Oktaviani Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah Mansyah.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021