Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengadakan silaturrahmi dan tukar informasi bersama penggiat seni dari sanggar atau komunitas seni  di Aula Museum Rakyat.

Kepala Disdikbud HSS, Siti Erma, di Hamalau, Senin (22/2), mengatakan kegiatan ini dalam rangka untuk menyamakan persepsi dari para penggiat seni dalam upaya ingin memajukan dan melestarikan seni budaya yang ada di HSS.
 
Silaturrahmi dan tukar informasi para penggiat seni di Kabupaten HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Gedung Taman Bacaan Masyarakat UPTD SKB HSS diresmikan

"Bila kita semua sudah memiliki persepsi yang sama, maka akan lebih mudah untuk melakukan diskusi seperti apa seni dan budaya yang ada di HSS ini akan dibawa ke mana," katanya, saat memberikan sambutan.

Dijelaskan dia, seni budaya yang ada di HSS sangat dihormati orang dan juga diperhitungkan, sehingga sangat penting untuk melakukan upaya pelestarian dan peningkatan   kualitas dari seni dan budaya yang ada tersebut.

Selain itu, tambah dia, seni dan budaya juga dari warisan leluhur, sehingga harus terus dijaga agar tetap  menjadi  khasanah kekayaan budaya lokal HSS.
 
Silaturrahmi dan tukar informasi para penggiat seni di Kabupaten HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Kasus COVID-19 di HSS meningkat, pembelajaran tatap muka dihentikan

Diharapkan melalui silaturahmi dan diskusi yang dilaksanakan, bisa jadi bagian upaya dari melestarikan dan meningkatkan budaya dan seni yang ada, disamping saat ini juga telah berkembang banyak grup berupa sanggar atau komunitas seni di HSS.

"Sanggar atau komunitas tersebut seperti untuk seni tari dan musik, jadi dengan pertemuan ini kita bisa mengenal dan saling bertukar informasi dari beragam sanggar atau komunitas yang sehingga bisa berkembang," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021