Kepolisian Resort (Polres) Hulu Sungai Selatan (HSS) meraih penghargaan dengan kategori "A" atau sangat baik pelayanan publik, penghargaan ini diumumkan secara virtual dalam penyampaian hasil evaluasi dan penghargaan pelayanan publik di lingkup Polri tahun 2020.

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, mengatakan mengaapresiasi yang tinggi atas kolaborasi dan sinergi yang telah dilakukan Kementerian PAN dan RB bersama jajaran Polri, atas terselenggaranya cara penyampaian dan penghargaan pelayanan publik di lingkungan Polri tahun 2020.

"Selamat untuk instansi pemerintah lainnya yang meraih penghargaan, dan bagi unit kerja yang belum berhasil memperoleh penghargaan kami minta untuk mengejar ketertinggalan dan memperbaiki yang masih kurang," katanya, dalam arahan beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, momen apresiasi ini dinilai penting, sebagai sarana perbaikan kinerja kelembagaan Polri dalam rangka transformasi, mewujudkan Polri Presisi dalam konsep yang prediktif, responsibilitas atau bertanggung jawab dan transparansi berkeadilan.

Baca juga: HSS canangkan PPKM Mikro di 13 desa

Dan perkembangan dunia yang sangat cepat, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi membawa manfaat, yang menuntut kesiapan dan kesiapan aparat dan pemerintah kemampuan dalam menguasai dan beradaptasi dengan teknologi terkini tersebut.

Kapolri Jendral Pollisi Listyo Sigit Prabowo, mengatakan ada beberapa tahapan evaluasi yang dilaksanakan, yang tentunya itu semua untuk betul-betul bisa mendapatkan hasil evaluasi yang maksimal, terukur dan memenuhi standar pelayanan yang baik.

Menurut dia, tadi ada klasifikasi utamanya yang tentunya mendapatkan klasifikasi prima, pihaknya melaporkan bahwa Polri telah menyusun road map terkait dengan reformasi birokrasi Polri di tahun 2020 sampai dengan 2024.

"Road map diselaraskan dengan rencana pembangunan jangka panjang Polri tahun 2020 sampai dengan 2024, dengan sasaran agar tercipta tatanan yang bersih akuntabel, birokrasi yang melayani, serta pelayanan publik yang prima," katanya.

Baca juga: Rutan Kandangan deklarasikan janji kinerja dan fakta integritas

Program transfaransi pelayanan publik dan program peningkatan kualitas pelayanan publik, pernah pihaknya sampaikan pada saat dilakukan fit dan proper tes di komisi 3 DPR RI dan pihaknya berusaha untuk terus meningkatkan pelayanan publik yang prima dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Pemanfaatan kemajuan teknologi digital sehingga pelayanan publik yang disajikan adalah betul-betul pelayanan yang bisa mewujudkan pelayan yang diharapkan oleh masyarakat, khususnya dalam rangka memangkas rentang birokrasi.

"Dan harapan ke depan adalah bagaimana agar mampu memberikan pelayanan betul-betul hanya cukup dengan online, tidak usah datang ke kantor kantor pelayanan dan semuanya bisa terlayani dengan baik," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021