Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan Dra Hj Nurhidayati, M.Pd menyampaikan, para mahasiswa baru berkesempatan mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah untuk meneruskan pendidikan di Politeknik Negeri.

Sebagaimana diketahui, untuk Politeknik Negeri Banjarmasin atau bisa disebutnya Kampus Poliban Banjarmasin mulai membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021--2022, bahkan ada enam jalur dibuka untuk 19 program studi.

Menurut Nurhidayati di Banjarmasin, Jumat, sesuai pernyataannya pada kegiatan wabinar sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Poliban Banjarmasin pada 17 Februari tadi, bahwa di Politeknik tahun ini kuota untuk KIP Kuliah sangat besar sekitar 433 bahkan kemungkinan lebih.

Sehingga, ujar dia, seluruh calon peserta penerimaan mahasiswa baru memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah tersebut.

"Ya, pastinya asal memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh Kemendikbud RI," ujarnya.

Adapun syarat pendaftaran KIP Kuliah tahun 2021 sesuai yang ditentukan Kemendikbud RI, yakni, penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya.

Selanjutnya memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

Adapun itu adalah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada Prodi dengan akreditasi A atau B dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Bagi yang berhasil menerima KIP Kuliah ini setidaknya ada tiga manfaat yang bisa dirasakan, yakni, pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya kuliah atau pendidikan dan bantuan biaya hidup bulanan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Poliban Banjarmasin membuka enam jalur penerimaan mahasiswa baru tahun ini, yakni, jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dari 11 Januari hingga 19 Maret 2021.

Kemudian jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dari 15--24 Februari 2021, jalur prestasi dari 12--23 April 2021.

Selanjutnya, jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) dari 15 Maret hingga 1 April 2021, jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dari 10 Mei hingga 10 Juni 2021 dan jalur mandiri dari 21 Juni hingga 23 Juli 2021.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021