Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Resort Banjarmasin Kombes Pol Wahyono menyatakan, perayaan Natal 2014 di wilayahnya berlangsung aman dan damai hingga Kamis (25/12) malam ini sekitar pukul 20.00 WITA.


"Umat nasrani yang melaksanakan Misa di sebanyak 21 gereja di kota ini sejak kemarin hingga malam ini pukul 20.00 Wita ini dalam keadaan tertib, aman, dan terkendali," ujarnya.

Menurut dia, untuk memberikan rasa aman dan damai bagi umat nasrani di Banjaramsin yang melaksanakan ibadah Misa, pihaknya melakukan pengamanan berlapis dan menempatkan personel pengamanan di semua titik tempat ibadah yang melaksanakan upacara Misa.

"Kita tempatkan banyaknya personel pengamanan dengan mempertimbangkan jumlah jamaah, dan tingkat kerawanan masingt-masing gereja dan kepadatan arus lalulintas," papar Wahyono.

Polresta, ungkap dia, juga mengerahkan secara all out penggerakan sarana dan prasarana kendaraan pengamanan yang dimiliki pada lokasi gereja dan tempat yang digunakan untuk ibadah umat nasrani.

"Pos pengamanan dan pelayanan serta beberapa titik sentral ekonomi dalam rangka mempercepat mobilitas personil jika semaktu-waktu terjadi peningkatan eskalasi kerawanan," tuturnya.

Disamping itu, lanjut Wahyono, penggelaran personil yang dilibatkan dalam oprasi kepolisian Lilin 2014 sebanyak 658 orang personil, juga dilakukan kegiatan rutin berpatroli untuk mengawasi dan menindak adanya tingkat sasaran kejahatan, misalnya kebut kebutan di jalan dan tindak pelanggaran kantibmas lainnya.

"Saya menyatakan, sampai kini situasi kantibmas di Banjarmasin dalam keadaan aman dan terkendali," pungkasnya.





Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014