Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Ahmad Fikry membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tingkat kecamatan secara virtual dari Ruang Media Center Setda, yang dilaksanakan Kecamatan Telaga Langsat.

Camat Telaga Langsat Sar Ipansyah, di Telaga Langsat, mengatakan Musrenbang Kecamatan Telaga Langsat ini dilaksanakan di empat tempat, yaitu di aula Kecamatan Telaga Langsat, Aula Desa Mandala , Posyando terintegrasi Kecamatan Telaga Langsat dan di Desa Lokbinuang sesuai dengan protokol kesehatan.

"Dalam musrenbang kecamatan Telaga Langsat kali ini telah disusun skala prioritas untuk tahun 2022 berdasarkan hasil musyawarah di tingkat desa, dari 79 usulan yang masuk mengerucut menjadi 20 usulan prioritas kecamatan," katanya, dalam keterangan, Senin (25/1) lalu.

Baca juga: Akhmad Suriani dilantik pimpin Pengurus Baznas HSS periode 2020-2025

Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengatakan agar Musrenbang Kecamatan Telaga Langsat dapat menyesuaikan dengan tantangan yang dihadapi oleh Kecamatan Telaga Langsat, yaitu sebagai penyangga pangan di Kabupaten HSS.

Dijelaskan dia, Telaga Langsat adalah penyangga pangan dan diharap itu dapat terus dipertahankan sebagai daerah produksi pertanian dalam arti luas, tak terkecuali di tengah tantangan keterbatasan anggaran.

Keterbatasan anggaran dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang mewabah saat ini sangat penting untuk meningkatkan semangat pembangunan desa, dengan cara menggerakkan ekonomi desa.

"Kita harap dana desa bisa digunakan tidak hanya untuk infrastruktur, tetapi lebih bermanfaat untuk menciptakan lapangan kerja," katanya, saat memberikan arahan.

Baca juga: 315 pelamar calon sarjana pendamping desa di HSS ikuti tes

Menurut dia, agar pada tahun 2021 dan seterusnya, setiap desa juga sudah menyiapkan dana untuk integrasi dan pencegahan bencana, sehingga apabila terjadi setiap desa sudah bisa mengambil langkah awal penanganan.

Dan juga menyampaikan bahwa pada tanggal 26 Januari 2021 Pemkab HSS akan mulai memberlakukan masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), sepanjang 14 hari kedepan.

Turut berhadir,  Sekretaris Daerah HSS Muhammad Noor, Kepala Bapelitbangda HSS M. Arlian Syahrial, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Ika Aguspiannor.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021