Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Syari Mukhlis memimpin langsung rombongan yang mengantarkan bantuan dari Pemerintah daerah dan masyarakat Bumi Saijaan kepada para korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Rombongan berjumlah 23 unit mobil dan truk yang mengangkut logistik berbagai bahan makanan, obat-obatan, keperluan bayi dan perlengkapan lainnya itu juga diikuti sejumlah pejabat Pemkab Kotabaru dan unsur Forkopimda setempat.

Turut dalam rombongan Wakil Ketua DPRD H Mukhni AF, perwakilan Kodim 1004/Kotabaru, Polres Kotabaru, Lanal, Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, perwakilan PDAM Kotabaru, serta Himpunan Balakar Saijaan (HBS) Kotabaru.

Setibanya di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, rombongan langsung disambut Bupati H Anang Chairiansyah, Ketua DPRD setempat dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab HST.

Memulai sambutan singkatnya, Syairi menyampaikan permohonan maaf Bupati Kotabaru H Sayed Jafar yang tidak bisa hadir dalam menyerahkan bantuan tersebut karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

"Atas nama pemerintah daerah dan masarakat Kotabaru, kami sangat prihatin dan duka mendalam atas musibah banjir yang dialami warga HST dan daerah lainnya di Kalsel," kata Syairi.

Semoga saudara-saudara yang terkena musibah tetap tabah dan sabar dalam menghadapinya dan bersamaan itu dapat mengambil hikmah atas kejadian ini.

Politisi PDIP ini menjelaskan, rombongan yang dipimpinnya sebanyak 23 unit mobil dan truck yang membawa bantuan yang berasal dari pemerintah daerah dan berbagai eleman masyarakat Bumi Saijaan melalui berbagai organisasi, dan bantuan akan terus mengalir bukan hanya saat ini.

Termasuk membawa mobil tangki PDAM yang berisi air bersih, karena dalam kondisi saat ini di HST pasca banjir sangat kesulitan mendapatkan air bersih.

"Melalui penghimpunan dana dari segenap eleman masyarakat Kotabaru, insyaAllah bantuan akan terus mengalir dan tidak hanya sekarang ini, semua itu sebagai bentuk rasa empati masyarakat Kotabaru atas musibah yang dialami saudara-saudara di sini, semoga bisa eringankan beban yang kini dialami," tandas Syairi.

Sementara Bupati HST, H Anang Chairiansyah mengaku terharu dan gembira atas kepedulian masyarakat dan pemerintah daerah Kotabaru atas bantuan logistik yang diberikan kepada masyarakatnya yang kini tertimpa musibah banjir besar.

"Selamat datang rombongan dari Kotabaru, terima kasih atas bantuan dan rasa keprihatinan yang dialami masyarakat HST," kata bupati.

Dia menjelaskan, banjir kali ini dinilai musibah besar yang pernah ada di HST, karena sembilan   dari 11 kecamatan terdampak, dan Kecamatan terparah terjadi di Hantakan, Batu Benawa dan Barabai.

Iai musibah terbesar yang pernah ada di HST, selain merendam ribuan rumah dan perkantoran serta rumah ibadah, musibah banjir kali ini juga menelan korban jiwa, setidaknya ada lima orang meninggal dan beberapa hilang.

Bupati mengatakan, hikmah dibalik musibah ini adalah rasa persaudaraan yang kian kuat, karena atas mesibah tersebut bantuan berdatangan dari berbagai daerah seperti provinsi tetangga Kalteng dan Kaltim.

"Kami berterima kasih, khususnya masyarakat dan Pemda Kotabaru yang begitu antusias membantu kami, ini bantuan terbesar yang kami terima," pungkasnya.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021