Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Berry Nahdian Forqon meninjau beberapa lokasi kerusakan fasilitas umum dan jalan yang rusak pascabanjir. Termasuk Jalan Nasional di Jembatan Desa Sungai Rangas, Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS) yang terlihat retak, Kamis (21/1).

Pihaknya pun menyatakan telah berkoordinasi dengan jajaran Pemerintah Pusat dan Provinsi Kalsel untuk secepatnya memperbaiki beberapa ruas jalan atau jembatan Nasional yang rusak karena banjir.

Menurut Berry, saat ini fokus penanganan pascabanjir dan inventarisir kerusakan dilakukan oleh Pemkab HST melalui Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST.

"Kami telah instruksikan jajaran BPBD, Dinas Perkim, Dinas PUPR untuk menyiapkan langkah perbaikan terhadap beberapa kerusakan fasilitas umum akibat banjir termasuk jembatan yang rusak," tukasnya.

Kepada masyarakat, Ia menghimbau untuk selalu berhati-hati dan bersiap siaga. "Kami tentu berharap ke depan semoga tidak ada bencana lainnya lagi di Kabupaten HST," katanya.

Jalan di Desa Sungai Rangas juga merupakan akses jalan Nasional lintas Provinsi yang menjadi penghubung beberapa Kabupaten di Kalsel.

Saat ini, kondisi jembatan masih aman dan masih bisa dilewati oleh pengendara roda dua, empat maupun enam.

Walaupun keretakan jalan masih belum bertambah, pengendara diharapkan tetap harus waspada dan berhati-hati jika melintas.

Baca juga: Ratusan relawan dari berbagai daerah bersihkan tumpukan sampah pascabanjir di Barabai
Baca juga: Prof Udiansyah : Dana LLDIKTI XI PEDULI direncanakan untuk bangun fasilitas umum HST
Baca juga: Mari bergabung menjadi relawan kegiatan 'Trauma healing' motivasi anak pascabencana di HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021