Kapolres Tanah Bumbu AKBP Himawan Himawan Sutanto Saragih melalui Kepala Satuan Lalulintas AKP  G.M Angga Satrya Wibawa menghimbau kepada seluruh masyarakat atau pengguna jalan raya lebih berhati-hati saat berkendara dimusim hujan.

"Musim hujan seperti ini memang membuat jalanan lebih licin sehingga pengemudi harus lebih aktif dan hati-hati untuk menghindari kecelakaan di jalan raya," kata Angga, di Batulicin Rabu.

Dia mengatakan, hujan memang menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor. Entah kecelakaan ringan, berat, kecelakaan tunggal, maupun kecelakaan berantai.

Untuk menghidari itu semua, agar para pengendara lebih memperhatikan aturan-aturan keselamatan sebelum berkendara salah satunya jangan ngebut saat berkendara.

"Mengurangi kecepatan laju kendaraan saat hujan adalah hal yang wajib dilakukan. Saat hujan jalanan bukan hanya licin karena air, namun bisa juga licin karena air yang bercampur dengan oli yang berceceran," ujarnya.

Selain itu, pengendara juga wajib menyalakan lampu kendaraan, ketika hujan turun dengan cukup deras, maka kondisi jalan menjadi tidak jelas. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menyalakan lampu depan dan belakang mobil ketika berkendara.

Jaga jarak aman berkendara, hindari genangan air, kuasai kendaraan untuk mengatasi slip dan  wajib berhenti jika hujan terlalu deras.

"Kami sangat berharap agar para pengendara dapat mematuhi hal itu semua demi menjaga keselamatan diri sendiri dan pengendara lain," pungkas Angga.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021