Pelaihari,  (AntaranewsKalsel) - Lembaga Ilmu dan Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan penelitian kandungan mineral bumi berupa lithium sebagai bahan pembuatan baterai lithium di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.


"Pada tahun ini pemerintah kabupaten (Pemkab) bersama perusahaan daerah Baratala dan Politeknik Negeri Tanah Laut telah menandatangani nota kesepahaman," ujar Bupati Tanah Laut (Tala) H Bambang Alamsyah, di Pelaihari, Senin.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dengan Lembaga Ilmu dan Penelitian Indonesia (LIPI), bekerjasama dengan Kemeterian Riset dan Teknologi, beberapa universitas terkemuka dan sebuah konsorsium dalam hal penelitian dan pemanfaatan beberapa kandungan mineral bumi Tanah Laut, lanjutnya.

Menurut dia, dari hasil penelitian dari LIPI itu, salah satunya adalah bahan pembuatan baterai lithium untuk kendaraan massal berbasis listrik.

"Untuk itu saya mohon doa dan dukungannya, Insya Allah apabila nantinya berhasil dibangunan pabrik pembuatan lithium, maka akan dihibahkan ke Pemkab Tala," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, meskipun sektor pertambangan kontibusinya terhadap pertumbuhan ekonomi relatif kecil, namun terhadap pendapatan asli daerah (PAD), sektor pertambangan menyumbang cukup signifikan.

"Lain-lain pendapatan asli daerah yang sah, dimana didalamnya termasuk bantuan pihak ketiga dari produksi batubara dan biji besi sebesar Rp53 miliar," terangnya.

Ia berharap, melalui momen peringatan ke-49 hari jadi (Harjad) Kabupaten Tanah Laut tahun 2014, segala potensi daerah yang dimiliki dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Tanah Laut.

Terpisah, Ketua DPRD Tanah Laut Ahmad Yani mengatakan, kekayaan sumber daya alam kabupatennya dapat dimanfaatkan sesuai aturan yang berlaku dan mampu memberikan kontribusi terhadap kemajuan daerah.

"Pada tahun 2015 kita sangat mendukung banyaknya penelitian di daerah ini, semoga dari hasil penelitian tersebut dapat bermanfaat bagi daerah," tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014