Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyatakan siap menjadi orang yang paling awal mendapat vaksin COVID-19.

"Untuk menjawab keraguan masyarakat Sumsel, saya siap divaksin duluan. Vaksin ini penting untuk mencegah penyebaran COVID-19,” katanya di Palembang, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan hasil rapat dengan Menteri Dalam Negeri pada 5 Januari 2021 vaksinasi COVID-19 akan dilakukan serentak di 34 provinsi pada 14 Januari 2021 dan 15 Januari 2021.

Dalam surat yang ditembuskan ke seluruh kepala daerah itu, menurut dia, Kementerian Dalam Negeri meminta gubernur menyampaikan 10 nama calon penerima vaksin dari perwakilan pejabat pemerintah yang meliputi kepala daerah, pemimpin DPRD, pemimpin komando daerah militer, dan kepala kepolisian serta pemimpin organisasi profesi kesehatan dan organisasi kemasyarakatan.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Gubernur Herman Deru, dan pejabat daerah lainnya dijadwalkan menjalani vaksinasi di RSUD Siti Fatimah pada 14 Januari 2021 dan pada 28 Januari 2021.

Gubernur Sumatera Selatan meminta tenaga kesehatan dan masyarakat mendukung pelaksanaan vaksinasi untuk mengendalikan penularan virus corona.

“Untuk tahap awal ini, sebanyak 30.000 vaksin yang disiapkan pemerintah untuk Sumatera Selatan,” kata Herman Deru.

Henny Luniagus, seorang tenaga kesehatan, sudah mendapatkan pemberitahuan dari pemerintnah untuk menjalani vaksinasi.

“Kami adalah orang yang paling dekat dan selalu berkontak dengan pasien. Pasien ini tidak diketahui apakah mereka OTG atau tidak. Vaksin ini sangat kami perlukan untuk perlindungan diri,” kata Henny.

 

Pewarta: Dolly Rosana

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021