Kecamatan Halong dan Tebing Tingga kini menjadi surganya wisata alam di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Bagaimana tidak, di dua kecamatan tersebut terdapat sekitar 21 objek wisata alam yang cukup potensial untuk dikembangkan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan, Rody Rahmadi Noor saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/1/2021) mengatakan, di Kecamatan Halong terdapat sembilan objek wisata di antaranya objek wisata gunung, gua, hingga air terjun.

Sedangkan di Kecamatan Tebing Tinggi terdapat tujuh objek wisata alam, yang keindahannya sangat memukau dan diyakini mampu menarik wisatawan daerah maupun luar daerah.

Selain di Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi, wisata alam lainnya terdapat di Kecamatan Juai dan Kecamatan Lampihong satu masing-masing satu objek wisata, dan Kecamatan Paringin Selatan yang memiliki dua objek wisata alam.

Sedangkan untuk objek wisata buatan ada sembilan, wisata sejarah dan wisata budaya sebanyak enam objek, kemudian wisata religi sebanyak enam objek dan wisata kuliner lima objek.

Rody mengatakan, sektor wisata kini menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah, sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, wisata juga menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru daerah, terutama untuk meningkatkan pendapatan langsung masyarakat dan tumbuhnya sektor ekonomi kreatif mulai dari tingkat desa.

Mendorong tumbuhnya sektor pariwisata tersebut, bupati telah mengeluarkan keputusan  Nomor 188.45/746/Kum tahun 2020 tentang Penetapan Destinasi Wisata Kabupaten Balangan tahun 2020.

Berdasarkan surat keputusan tersebut, tambah Rody, sebanyak 47 objek wisata layak dan siap untuk dikembangkan dengan seluruh potensinya. 

Rody berharap pada 2021 semua objek wisata di Kabupaten Balangan semakin eksis, sehingga mampu mempercepat upaya peningkatan kesejahteraan warga sesuai dengan visi dan misi bupati terpilih saat ini.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021