Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Pihak Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan serta jajarannya, mulai menggelar operasi "Zebra Intan 2014" yang akan berakhir hingga 9 Desember 2014.


Gelar pasukan sebagai tanda resmi dimulai Operasi Zebra Intan 2014 itu dengan inspektur upacara Wakil Kapolda Kalsel Kombes Pol Sukirman di halaman Mapolresta Banjarmasin, Rabu (26/11).

Kasat Lalu Lintas (Lantas) Polresta Banjarmasin Kompol Henry N Chandra mengatakan, sebenarnya giat operasi terpadu tertib berlalulintas yang diberi nama Zebra Intan 2014 itu pelaksanaan sejak pukul 00.00 Wita tadi malam.

Ia menerangkan, sebagaimana amanat Kapolri melalui Wakapolda Kalsel, operasi tertib berlalulintas itu untuk cipta kondisi yang aman dan nyaman menjelang Hari Raya Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.

Pastinya, lanjut dia, oprasi Zebra Intan 2014 salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tertib berlalulintas, hingga menurunkan angka kecelakaan, dan terwujud situasi kantib lantas di daerah ini.

Karena itu, tegasnya, petugas akan menindak bagi pengendara yang tidak mengindahkan ketentuan tertib berlalulintas, karena mengganggu kenyamanan berlalulintas juga keselamatan.

"Fokus oprasi kita di Banjarmasin akan menindak pelanggaran tanpa helm dan pelanggaran rambu lalulintas," ucap perwira menengah polisi yang menyandang meltai satu tersebut.

Ia mengatakan, oprasi Zebra Intan 2014 dilakukan jajarannya dengan cara hunting atau mobil (bergerak). "Kita ada bentuk tim khusus," paparnya.

Seluruh anggota di satuan lalulintas yang jumlahnya sebanyak 104 orang dilibatkan dalam oprasi ini. "Oprasi ini juga dibantu pihak TNI dan Dishub setempat," ujarnya.

  Ia berharap, selama operasi berjalan, semuanya mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan personel, khususnya pada saat melakukan penegakan hukum terhadap pelanggar lalulintas dengan berpedoman pada standar operasional prosedur yang telah ditetapkan.   

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014