Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama anggotanya akan menanam 5000 pohon "mangrove" atau bakau di provinsi tersebut.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalsel Muhammad Syaripuddin SE di Banjarmasin, Rabu menerangkan, penanaman ribuan pohon mangrove tersebut salah satu bentuk kepedulian partai politik (Parpol)-nya terhadap lingkungan.

Penanaman pohon mangrove itu dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 48 PDIP Tahun 2020, ujar laki-laki yang akrab dengan sapaan Bang Dhin tersebut menjawab Antara Kalsel.

Bang Dhin yang juga Wakil Ketua DPRD Kalsel itu mengatakan, penanaman pohon mangrove tersebut bertujuan antara lain untuk mencegah atau setidaknya mengurangi "abrasi" - terkikisnya pantai karena terpaan gelombang air laut.

Oleh sebab itu, daerah akan menjadi sasaran penanaman pohon mangrove pada kabupaten yang memiliki garis pantai seperti Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Tanah Laut (Tala).

"Kecuali itu, Kota Banjarmasin juga mendapatkan jatah penanaman pohon mangrove yang pelaksanaannya pada puncak peringatan HUT ke 48 PDIP, 10 Januari 2021," lanjutnya.

"Dalam rangkaian peringatan HUT ke 48 PDIP, kami juga menggelar berbagai kegiatan, 3 - 10 Januari 2020 antara lain baksi sosial berupa donor darah serta menyantuni anak yatim," tambah mantan anggota DPRD Tanbu itu.

Selain itu, secara virtual akan menggelar festival budaya di "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" atau "Bumi Lambung Mangkurat" Kalsel, demikian Bang Dhin.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020