Tanjung,  (Antaranews Kalsel)  - Warga Desa Masukau, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mendapatkan bantuan dua WC umum melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan.

Bantuan tersebut sebagai upaya meningkatan kualitas lingkungan pemukiman, maupun sanitasi, kata Kepala Bappeda Tabalong, Erwan di Tanjung, Kamis.

Ia mengatakan bantuan pembuatan WC dari PNPM Mandiri Perkotaan dengan dana Rp14 juta bisa dimanfaatkan warga setempat sehingga tercipta sanitasi lingkungan dan kesehatan yang lebih baik.

"Melalui PNPM mandiri perkotaan kita berharap bisa mengubah sikap, perilaku dan cara pandang masyarakat terkait penataan lingkungan dan kualitas hunian salah satunya menyediakan fasilitas WC umum," jelas Erwan.

Selain WC umum, kegiatan PNPM mandiri perkotaan yang bersumber dari dana APBD maupun APBN juga memberikan tempat penampungan air agar bisa dimanfaatkan warga.

Pembuatan WC umum di Desa Masukau sebagai rangkaian kegiatan PNPM mandiri perkotaan di 25 desa/kelurahan diresmikan oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani.

"Sanitasi merupakan salah satu parameter kemiskinan karena itu perlu adanya upaya perbaikan sanitasi sebagai bagian dari program pemerintah mengubah perilaku masyarakat agar lebih bersih dan sehat," jelas Anang.

Anang pun berharap masyarakat bisa memelihara sarana WC umum yang telah dibangun agar bisa dimanfaatkan secara jangka panjang.

Sebelumnya Desa Masukau juga mendapatkan bantuan pembuatan jalan desa, gedung serba guna dan lapangan olahraga dari kegiatan kemitraan sejak 2010.

Koordinator PNPM Mandiri Perkotaan, Norsyahriawati menambahkan tahun ini alokasi dana PNPM Mandiri Perkotaan masing-masing Rp1,6 miiar dari APBN dan Rp400 juta berasal dari APBD kabupaten.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014