Barabai, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Perpustakaan anak Meratus yang dibangun relawan Gradasi Hijau bersama aparat desa Cabai, Patikalain Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, akhirnya diresmikan.


Koordinator Gradasi Hijau, Ichunk Lestari di Barabai, Selasa, mengatakan, pembangunan perpustakaan bagi anak-anak Meratus tersebut, merupakan hasil dari pengumpulan donasi para dermawan di Banjarmasin, Banjarbaru, Kandangan dan Barabai.

Dari donasi tersebut, kini telah terkumpul ratusan buku dalam 20 karung terdiri dari buku, alat tulis dan perlengkapan shalat.

"Ruangan Perpustakaan menempati ruangan seluas 2 x 5 Meter dari luas mushala 4 x 5 meter, memang kondisinya berdesakan bahkan ada beberapa anak terpaksa membaca buku di pelataran rumah," katanya.

Menurut dia, untuk keperluan menyusun buku, pihaknya juga telah menerima bantuan rak buku dari Ketua DPD KNPI HST, Suryatin Hidayah, namun banyaknya buku masih diperlukan dua buah rak buku.

Saat ini, pengelolaan buku-buku tersebut dilakukan warga setempat, Mustan dengan pola pinjam.

Kampung Cabai, Patikalain, Kecamatan Hantakan, berjarak 20 kilometer dari Kota Barabai, terletak di pelosok pegunungan Meratus. Di daerah tersebut kini terdapat sekitar 60 orang anak, sementara lembaga pendidikan yang ada, belum maksimal, dikarenakan jarak tempuh dan jumlah pengajar yang sedikit.

Ichunk mengungkapkan, perpustakaan anak Meratus ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar juga oleh warga desa tetangga, dan ke depannya akan diserahkan kepada kantor Perpustakaan dan arsip daerah untuk dilaksanakan pembinaan dan pengelolaan.

Pihaknya juga akan segera meminta bantuan kepada Dinas Pendidikan HST, terkait kurangnya rak buku, papan tulis, peralatan alat tulis dan memohonkan papan untuk perbaikan mushala yang sudah dimakan usia, sehingga tidak ada papan yang lapuk, begitupun donasi dari semua pihak tetap terus dilakukan.

Kepala Desa Patikalain Sadiansyah mengucapkan terima kasih kepada para relawan dan donatur sehingga pembangunan perpustakaan ini dapat terealisasi dan mampu untuk memacu semangat belajar anak bangsa, utamanya di daerah pedalaman sehingga akan mampu mengecap pendidikan seperti anak-anak di perkotaan

  Kedatangan 30 orang relawan Gradasi Hijau yang rata-rata dari pecinta alam disambut anak-anak, warga, aparat desa dan tokoh masyarakat setempat yang telah menunggu dan ikut bergotong royong menyiapkan tempat.   

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014