Balangan Coal Companies (BCC) salah satu sub bisnis Unit Adaro Group di bidang pertambangan batu bara di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, turut mengembangkan Program Kampung Iklim (ProKlim).

Saat ini di Kabupaten Balangan hanya ada satu desa yang menjalankan program kampung iklim.

 “Melalui program Corporate Social Responsibility kita akan kembangkan Desa Sungai Batung di Kecamatan Juai menjadi salah satu desa pelaksana program Kampung Iklim yang ada di Kabupaten Balangan," jelas CSR dan Community Relation Departemen Head - Balangan Coal Companies, Bahariwan Siagian.

Tentunya jumlah ini sangat sedikit jika dibandingkan dengan 154 desa dan kelurahan yang ada di Kabupatan Balangan.

Sehingga pembentukan desa - desa proklim lainnya untuk mengantisipasi perubahan iklim di kabupaten Balangan, khususnya Desa Ring 1 wilayah operasional perusahaan merupakan sebuah kebutuhan.

 Untuk itulah BCC sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan sekitar turut serta mendorong terbentuknya kampung iklim.

ProKlim sendiri merupakan gerakan nasional dalam upaya adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim berbasis komunitas yang diluncurkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan pemahaman mengenai perubahan iklim melalui pelaksanaan ProKlim bagi Pengurus Kampung Iklim di Desa Sungai Batung, maka diperlukan kegiatan pengayaan wawasan.

 Salah satunya melakukan kunjungan ke salah satu kampung/desa yang terbukti berhasil dalam mengelola dan mengembangkan konsep kampung iklim yang berbasis kearifan lokal dan pengembangan ekowisata.

“Hasil diskusi kami dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Desa Bumi Jaya sebagai Desa ProKlim yang berada di Kabupaten Tanah Laut dipandang relevan untuk kegiatan pengayaan wawasan,” ungkap Bahar.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)


Lebih lanjut ia mengatakan Desa Bumi Jaya selain desa ProKlim Tingkat Utama, juga memiliki karakteristik yang serupa dengan Desa Sungai Batung baik kondisi lingkungannya maupun bentuk pengembangan ekowisata yang juga akan dikembangkan di Desa Sungai Batung.

 “Diharapkan Desa Sungai Batung ini dapat menjadi desa percontohan yang akan memicu terbentuknya kampung iklim lainnya, khususnya di Kabupaten Balangan," ujar Bahar.

 Senada dengan harapan dari BCC, Kepala Desa Sungai Batung Rinu Darmaji beserta perwakilan pengurus ProKlim juga berharap setelah kunjungan yang difasilitasi oleh BCC ini bisa mempraktikkan ilmu yang didapat.

 “Untuk mewujudkan desa ProKlim ini, kita terus bersinergi dengan dinas terkait ataupun pihak swasta,” harap Rinu.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020