Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tingkat nasional tahun 2020 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, di Banjarbaru, Senin (14/12), mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang turut mendukung penegakan HAM, sehingga penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia ini kembali didapatkan untuk yang kesekian kalinya.

"Kabupaten HSS mengucapkan selamat Hari Hak Asasi Manusia sedunia yang Ke-72 Tahun 2020, semoga ke depannya kita bisa terus mempertahankan dan meningkatkan upaya-upaya pemenuhan HAM di Kabupaten HSS," katanya.

Baca juga: Wabup beserta istri gunakan hak pilih di TPS 07 Kandangan Kota

Penghargaan tersebut diterima Wakil Bupati HSS pada peringatan HAM se Dunia ke-72 tahun 2020 dengan tema "Stand Up for Human Rights" di Gedung Dr. KH. Idham Chalid, Kantor Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru.

Peringatan Hari HAM Sedunia ke-72 Tahun 2020 ini dilaksanakan terpusat dari Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (RI) Jakarta, Acara ini terhubung langsung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting ke Aula Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM RI di Jakarta.

Penghargaan diterima langsung Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad diserahkan Penjabat (Pj)Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, dan turut dihadiri Kepala Bagian Hukum dan Perundang-Udangan Setda HSS Fitri.

Baca juga: Ponpes Al-Ikhlas Daha Utara direncanakan direlokasi

Presiden RI H. Joko Widodo, mengatakan bahwa pemerintah mempunyai komitmen yang sama bahwa penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM menjadi pilar penting bagi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih beradab, lebih tangguh dan lebih maju.

“Hak sipil, hak politik serta hak ekonomi dan sosial serta budaya harus dilindungi secara berimbang dan tidak ada satupun yang terabaikan," katanya, dalam wawancara.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020