Paringin, (AntaranewsKalsel) - Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, H Sefek Effendie menginginkan agar petani daerah setempat bisa mandiri dan punya program-program sendiri.

Sefek di Paringin, Rabu mengatakan, untuk meningkatkan sektor pertanian di Balangan memang sangat memerlukan semangat dari semua pihak, khususnya petani itu sendiri.

"Upaya dalam meningkatkan sektor pertanian harus dilakukan sedini mungkin, karena dalam jangka panjang Balangan akan menjadikan pertanian sebagai sektor andalan perekonomian daerah, menggantikan sektor pertambangan," ungkapnya.

Untuk itu kata dia, selain semangat, gagasan-gagasan baru dan pengetahuan baru juga menjadi faktor pendukung agar memberi dampak positif pada pencapaian target-target pembangunan, khususnya target produksi tanaman pangan tahun 2015.

Sebelumnya dalam rangka meningkatkan sektor pertanian di Kabupaten Balangan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Perikanan dan Peternakan setempat menggelar sarasehan, temu teknis dan kemitraan.

Acara sarasehan tersebut berlangsung pada Selasa (11/11) yang bertempat di Gedung Sanggam Kecamatan Paringin ibukota Kabupaten Balangan, dan dibuka langsung oleh Bupati Balangan H Sefek Effendie.

Berhadir dalam acara itu para petani, petugas lapangan dan pertanian, para Camat, Kepala Desa serta seluruh pemangku kepentingan pertanian terkait, termasuk beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Balangan.

Kepala Dinas PTPHPP Balangan Ir Tuhalus, Selasa di Paringin mengatakan, kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan untuk mensingkronkan program-program yang disusun oleh pemerintah, dengan para petani selaku pelaku pertanian.

"Kami berharap dari petani menyusun sendiri program apa-apa saja yang mau direncanakan, dari sana nanti pemerintah akan mengakomodasi apa-apa yang diperlukan petani untuk menyukseskan program yang mereka susun," ujarnya.

Dari sana kata dia, diharapkan tidak ada lagi program yang pelaksanaannya tidak maksimal, karena lanjutnya selama ini program yang direncanakan pemerintah banyak yang tidak sejalan dengan petani.

Pewarta: Herlina

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014