Pelaihari, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan tahun 2015, untuk infrastruktur sebesar Rp450 miliar lebih.


"Anggaran Rp450 miliar lebih di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Tanah Laut itu terbesar dari dinas lain," ujar Wakil Bupati Tanah Laut Sukamta di Pelaihari (ibu kota kabupaten, 65 kilometer timur Banjarmasin), Selasa.

"Alokasi anggaran sebesar Rp450 miliar lebih untuk DPU tersebut, untuk perbaikan dan pembangunan infrastuktur di `Bumi Tuntung Pandang" Tanah Laut (Tala)," lanjut orang nomor dua di jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) itu.

Menurut dia, jumlah anggaran tersebut mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun anggaran 2014 yang sebesar Rp299 miliar lebih.

"Dengan alokasi anggaran tersebut, kami harapkan infrastruktur di Tanah Laut dapat lebih baik dan tentunya masyarakat sangat memerlukan," ujarnya.

Ia menjelaskan, perbaikan jalan dan jembatan merupakan prioritas bagi pembangunan di Tanah Laut, sebab dengan baiknya jalan dan jembatan dapat membantu kelancaran perekonomian masyarakat.

"Selain jalan dan jembatan, pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum juga membangun embong dan normalisasi sungai untuk mendukung ketersediaan air bersih dan pertanian," terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, sektor berikutnya yang mendapatkan anggaran cukup besar pada tahun 2015 yaitu Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten setempat.

"Khusus Dinas Pendidikan memerlukan pembangunan gedung sekolah, karena sesuai rasio yang ada jumlah ruang kelas masih belum mencukupi, untuk itu perlu penambahan gedung baru," tegasnya.

Kemudian, sambung dia, untuk sektor kesehatan, Dinkes setempat pada 2015 melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terhadap masyarakat miskin, Jamkesda.

  "Dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas diberlakukan gratis, kecuali rawat inap dikenakan biaya. Namun, bagi masyarakat miskin dibantu melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)," demikian Sukamta.    

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014