Distribusi logistik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 di kawasan Pegunungan Meratus, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan harus ditempuh petugas dalam waktu tiga hari dengan berjalan kaki hingga sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Ada tiga TPS di dua desa yang terjauh lokasinya dan tak bisa dilewati kendaraan sehingga petugas KPU dikawal TNI-Polri harus berjalan kaki menyusuri Pegunungan Meratus," terang Kapolsek Batang Alai Selatan (BAS) Ipda Erikson, Senin.

Rombongan pembawa logistik pilkada secara simbolis dilepas di Kantor Kecamatan Batang Alai Timur, kemudian memulai perjalanan panjang melewati bebukitan hingga beberapa aliran sungai dengan berjalan kaki.

Erikson mengungkapkan, logistik pilkada berupa surat suara dan kotak suara serta alat coblos dibungkus plastik untuk mencegah kerusakan. Petugas KPU dibantu masyarakat setempat membawanya dengan cara digendong.

Rombongan akan beristirahat menginap di tengah hutan pada malam hari dan kembali melanjutkan perjalanan pada pagi harinya hingga sampai di lokasi tiga TPS yaitu satu TPS di Desa Juhu dan dua TPS di Desa Aing Bantai, Kecamatan Batang Alai Timur.

"Mohon doa masyarakat agar semua orang yang terlibat dalam perjalanan panjang membawa logistik pilkada ini diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga dapat menunaikan tugas negara menyukseskan pilkada tahun ini," tutur Erikson.
Anggota Polres Hulu Sungai Tengah, Polda Kalsel bersama TNI mengawal distribusi logistik pilkada di Pegunungan Meratus Kabupaten HST. (ANTARA/humaspolreshst)


Ketua KPUD Hulu Sungai Tengah Johransyah mengungkapkan jumlah pemilih di TPS Desa Juhu sebanyak 42 orang. Sedangkan dua TPS di Desa Aing Bantai masing-masing 72 pemilih dan 127 pemilih.

"Pendistribusian logistik pilkada pada TPS terjauh ini sengaja kami dahulukan karena memerlukan waktu berhari-hari. Berbeda dengan di kota logistik didistribusikan satu hari sebelum pencoblosan 9 Desember 2020," jelasnya.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto. (ANTARA/humaspolreshst)


Sementara Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto memberikan motivasi kepada anggotanya untuk dapat menjalankan tugas penuh semangat dan keikhlasan meski harus menempuh medan berat di Pegunungan Meratus mengawal pendistribusian logistik pilkada.

"Ini tugas negara yang wajib kita laksanakan apapun tantangan dan risikonya demi suksesnya pilkada. Salut untuk anggota yang sudah bekerja maksimal penuh tanggung jawab," kata jenderal bintang dua itu.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020