Desa Bihara Hilir, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan di akhir 2020 ini, meraih predikat Kampung Iklim tingkat Utama atau Nasional.

Sebagai salah satu wilayah binaan PT Pamapersada Nusantara (PAMA ADRO) Desa Bihara Hilir mendapatkan sertifikat penghargaan dan trofi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 1 Desember 2020 di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan.

Sertifikat penghargaan dari Menteri LH dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya M.Sc ini satu bukti komitmen dan kerjasama yang baik dari pihak terkait pemerintah daerah maupun swasta.

Sebelumnya pada 2019 Desa Bihara Hilir juga meraih predikat Kampung Iklim tingkat Provinsi Kalsel.

Manager CSR PAMA ADRO Ono Karno mengatakan sejak 2016 pembinaan sudah dilaksanakan melalui program tanggungjawab sosial atau CSR.

"Kami turut mendukung program Kampung Iklim melalui pengembangan UMKM lokal," jelas Ono. Antara lain pengembangan produk unggulan gula semut, pembinaan sekolah adiwiyata, posyandu, bank sampah dan peningkatan sarana prasarana desa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan Musa Abdullah menyampaikan ungkapan syukur dan apreasiasi kepada jajaran Pemerintah Desa Bihara Hilir dan PAMA ADRO atas prestasi ini.

"Pencapaian ini bisa menjadi pemicu desa lain untuk menerapkan Program Kampung Iklim," jelas Musa.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020