Khatib Drs H Ahmad Husaini mengajak jemaah Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin memantapkan, memperbaiki dan meningkatkan kesyukuran kepada Allah SWT.

Ajakan khatib yang juga bergelar magister filsafat Islam (MFilI);tersebut dalam khotbahnya di masjid kebanggaan kaum Muslim Kalimantan Selatan (Kalsel) sebelum shalat Jumat, 4 Desember 2020.

Menurut dia, dalam upaya memantapkan, memperbaiki dan meningkatkan kesyukuran tersebut jangan memanfaatkan pemberian Allah SWT pada jalan yang bertentangan dengan ajaran atau syariah Islam.

"Dalam memaknai kesyukuran kepada Allah SWT tersebut agar semua potensi pada kita yang merupakan pemberian Nya kita manfaatkan untuk kebaikan atau kemaslahatan umat manusia/Islam," ajaknya.

"Memang hanya sedikit manusia yang pandai bersyukur atas nikmat Allah," lanjutnya mengutip beberapa ayat dalam Al Qur'an sembari berharap agar jemaah Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan kaum Muslim di Kalsel tidak termasuk golongan orang tidak pandai bersyukur.

Mengakhiri khotbahnya khatib mengajak Jemaah Jumat Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin khususnya untuk merenungkan firman Allah SWT dalam Al Qur'an bahwa bagi orang bersyukur terhadap nikmat Nya akan mendapat kemakmuran dan kebahagiaan dunia hingga akhirat.

Senada dan seirama dengan khatib, imam shalat Jumat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin tersebut juga membaca surah yang berhubungan dengan syukur kepada Allah SWT.

Di antara ayat dari surah tersebut bermakna, bila bersyukur akan Allah SWT tambah nikmat, tetapi sebagai jika ingkar atas nikmat Nya akan mendapatkan azab yang sangat pedih.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020