Menyambut Hari Jadi ke-70 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melaksanakan syukuran dan do'a bersama untuk Kabupaten HSS, bertempat di depan Musholla As Syifa Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Jum'at (27/11), mengatakan syukuran ini digelar secara sederhana tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, namun demikian tidak mengurangi semangat untuk mensyukuri 70 Tahun Kabupaten HSS.

"Hal ini dikarenakan mengingat saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, acara dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, jika syukuran hari jadi Kabupaten HSS yang di tahun-tahun sebelumnya, biasa dilaksanakan terpusat di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, namun karena pandemi COVID-19 maka syukuran ini dilaksanakan di Setda dan di masing-masing OPD sampai kecamatan dan desa.

Baca juga: Bupati HSS : Workshop cakap media sosial bagian dialog pembangunan

Dan diharapkan tidak mengurangi semangat bersama untuk mensyukuri 70 tahun Kabupaten HSS, kalau dulu masyarakat diundang ke lapangan sekarang tahun ini berbagi kepada masyarakat.

Ia berharap ini sebagai wujud bahwa Kabupaten HSS milik bersama bukan pemerintah saja, sehingga apapun yang dilakukan, meminta dukungan masyarakat dan pada saat yang sama juga berbagi kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan ini menjadi wujud syukur dan dengan bersyukur semoga Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang lebih kepada kita,” katanya.

Ketua MUI HSS TGH M Ridwan Baseri, mengatakan ini sebagai momentum untuk memulai, mengingat kembali bahwa pentingnya untuk berbagi kepada masyarakat. Artinya bukan hanya hari ini saja, supaya menjadi kebiasaan berbagi makanan kalau dalam istilah dalam agama itu "it’amut tho’am" berbagi makanan.

Baca juga: Peringatan HKN di HSS usung tema "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat"

Menurut dia, berbagai makanan adalah salah satu daripada ibadah yang luar biasa, dan bagi orang mungkin kelihatan sederhana, tetapi karena makanan inilah yang akan menjadi darah daging dan seluruh aktivitas, sehingga nilainya besar di sisi Allah.

Lebih-lebih dilakukan di masa pandemi ini, banyak masyarakat yang kekurangan ekonomi. Jadi kebiasan berbagi makanan ini bisa dilanjutkan dimasa-masa mendatang.

"Kami mendoakan mudah-mudahan dengan doa selamat ini, maka Allah akan memberikan keselamatan, rahmatNya, berkahNya kepada banua kita," katanya.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah HSS H. Muhammad Noor, beserta segenap jajaran Aparatus Sipil Negara (ASN) di lingkup Setda Pemkab HSS.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020