Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Lebih dari 4 ribu siswa dan siswi dari Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di lingkup Kementrian Agama kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengikuti pawai Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 H di depan Kantor Kemenag HST.

Ribuan peserta pawai mulai memadati ruas jalan, dan melakukan perjalanan sekitar dua kilometer dengan rute jalan H Abdul Muis Ridhani melewati depan mesjid Agung Riyadusshalihin, dan finish di Lapangan Dwi Warna Barabai.

Pawai menyambut tahun baru islam ini dilepas langsung oleh Bupati HST Dr H Harun Nurasid didampingi ketua TP PKK Hj Tintainah Harun Nurasid, Sekda HST H A Agung Parnowo dan Kepala Kemenag HST H M Yamani dan disaksikan seluruh undangan dan masyarakat yang hadir.

Ketua panitia  pelaksana, M Ruliyadi, dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memeriahkan bulan Muharram sebagai bulan yang disenangi Allah dengan berbagai kegiatan dakwah.

“Adapun peserta yang mengikuti pawai ini berjumlah 4250 orang yang terdiri dari MIN Bawan, MIN Barabai Utara, MTsN Model Barabai, MTsS Mualimin, MTsS Diniyah, MAN 1 Barabai, MAN 2 Barabai, MAS Mualimin, PPM Darul Istiqamah“ katanya.

Dalam sambutannya, kepala Kemenag HST H M Yamani juga menyampaikan momentum ini harus dijadikan sebagai momentum hijrah untuk instropeksi dan muhasabah diri setelah satu tahun berlalu.

“Kegiatan ini juga sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat, bahwa kita sedang menyambut tahun baru islam 1 Muharram,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Harun Nurasid juga mengungkapkan bangga dan mengapresiasi atas dilaksanakannya pawai 1 Muharram.

“Ini salah satu cara kita untuk meningkatkan pengetahuan tentang Islam serta memberikan semangat untuk menegakkan nilai-nilai islam,” kata Harun.

Selain itu, Harun juga mengharapkan agar peringatan tahun  baru hijriyah ini menjadikan kita sebagai insan yang lebih baik lagi.

“Mari kita lestarikan budaya islam agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan beragama,” pungkasnya.

Pewarta: Fathurahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014